Konstruksi Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Murid Kelas I SDN 09 Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpb.v13i1.1122Keywords:
Konstruksi Kalimat Dasar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini membahas tentang konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I SDN 09 Sila Kabupaten Bima, (2) mengkaji jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid kelas I SDN 09 Sila Kabupaten Bima. Subjek penelitian ini adalah murid kelas I yang berada dalam lingkungan SDN 09 Sila Kabupaten Bima. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena berisi tentang gambaran mengenai konstruksi kalimat dasar anak SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan cakap. Adapun teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik catat dan teknik rekam. Catatan dan rekaman penutur itulah data diperoleh sebagai data primer penelitian konstruksi kalimat dasar anak. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konstruksi kalimat dasar murid kelas I SD ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial ekonomi keluarga anak. Konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya tinggi berbeda dengan konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya rendah. Konstruksi kalimat dasar anak yang lingkungan berbahasa Indonesia sebagai bahasa pertama, berbeda dengan anak yang lingkungan berbahasa daerah sebagai bahasa pertamanya. Konstruksi kalimat dasar anak yang masuk SD berasal dari taman kanak-kanak berbeda dengan konstruksi kalimat anak yang berasal atau belum dari taman kanak-kanak. Jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid SDN 09 Sila Kabupaten Bima adalah konstruksi kalimat yang berpola (S-P-O) sebanyak 87 kalimat. Murid sudah mampu menggunakan kalimat konstruksi yang kompleks.
References
Ainim, S., Li, L., Bahasa, F., Universitas, S., Padang, N., Belibis, J., & Barat, S. (2014). Analisis Kalimat Berdasarkan Pola Kalimat Dasar Dan Kalkulus Predikat 1.
ANALISIS_KALIMAT_BERDASARKAN_POLA_KALIMAT_2016_SITI_AINIM_LIUSTI (1).pdf. (n.d.).
Arifin, E. Zaenal & Junaiyah, H.M. 2009. Sintaksis. Jakarta: Gramedia
Alwi, Hasan, Dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Ekowardono, B. Karno. 2002. Kalimat Dasar Bahasa Indonesia: Kajian Tentang Ciri dan Tipenya. Dalam Alwi, Hasan dan Dendy Sugono. Telaah Bahasa dan Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nugraha, A. D. S. (2015). Dalam Konstruksi Kalimat Bahasa Indonesia. 78–86.
Ruspitayanti, Putu Rima. 2015. Struktur Kalimat Bahasa Indonesia pada Karya- Karya Tulis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMALB-B Negeri Singaraja. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Rusyanti, Endang. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak 2,5 Tahun. Bandung Universitas Pendidikan Indonesia.
Suharjo. (2006). Mengenal pendidikan sekolah dasar: Teori dan praktek. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Hendri Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Wiranta, I Made. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Yule, George. 2006. The Study Of Language (Third edition). New york. Cambridge University Press.
Yunarsih, Dwi. 2016. Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3;0-4;0 Tahun. Padang. Universitas Negeri Padang
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Bahasa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Bahasa bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Bahasa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








