Pengaruh Penerapan Pembelajaran Generatif Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Kreativitas Mahasisiswa Pada Mata Kuliah Writing IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa semester IV mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di STKIP taman Siswa Bima melalui penerapan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain tes awal untuk kedua kelompok-perlakuan-tes akhir. Mahasiswa yang dipilih sebagai populasi sekaligus sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV yang hanya satu kelas (akan dibagi dua kelompok). Sebelum menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka terlebih dahulu diberikan tes awal (preetest) untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam membuat/menyusun karya tulis. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka pada mata kuliah writing yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan dan dipertemuan ke tujuh diberikan posttes. Analisis data untuk mengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 5 % dan dk = n1+N2-2 (30-2) dengah syarat Ha diterima jika nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai t tabel dengan N1 + N2 -2 = 28 sebesar 1,7011. Hasil analisis data bahwa nilai t hitung diperoleh sebesar 3,937 dengan dk (28). Dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel (1,7) maka dapat diketahui bahwa hipotesi yang diterima adalah Ha dan Ho ditolah yang berarti Terdapat peningkatan kreatifitas mahasiswa melalui pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka
References
Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohamad. (2015). Belajar dengan Pendekatan Paikem: Jakarta. PT Bumi Aksara
La moma. 2012. MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA SMP. PROSIDING ISBN : 978-979- 16353-8-7. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Siti Mawaddah, Hana Anisah. 2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm 166 - 175 166
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sriwiani, Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Tesis S2. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. http://repository.upi.edu/10339/. Diakses, 13 Agustus 2018.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Utami Munandar. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: PT. Gramedia.
Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.