Pengaruh Penerapan Pembelajaran Generatif Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Kreativitas Mahasisiswa Pada Mata Kuliah Writing IV

  • Fitri Ningsi STKIP Taman Siswa Bima
  • Supriadin STKIP Taman Siswa Bima
  • Mariamah STKIP Taman Siswa Bima
  • Ramli STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa semester IV mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di STKIP taman Siswa Bima melalui penerapan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain tes awal untuk kedua kelompok-perlakuan-tes akhir. Mahasiswa yang dipilih sebagai populasi sekaligus sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV yang hanya satu kelas (akan dibagi dua kelompok). Sebelum menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka terlebih dahulu diberikan tes awal (preetest) untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam membuat/menyusun karya tulis. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka pada mata kuliah writing yang dilaksanakan selama enam kali pertemuan dan dipertemuan ke tujuh diberikan posttes. Analisis data untuk mengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 5 % dan dk = n1+N2-2 (30-2) dengah syarat Ha diterima jika nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai t tabel dengan N1 + N2 -2 = 28 sebesar 1,7011. Hasil analisis data bahwa nilai t hitung diperoleh sebesar 3,937 dengan dk (28). Dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel (1,7) maka dapat diketahui bahwa hipotesi yang diterima adalah Ha dan Ho ditolah yang berarti Terdapat peningkatan kreatifitas mahasiswa melalui pembelajaran generatif berbasis masalah terbuka

Keywords: Kreativitas Pembelajaran Generatif, Masalah Terbuka

References

Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohamad. (2015). Belajar dengan Pendekatan Paikem: Jakarta. PT Bumi Aksara

La moma. 2012. MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA SMP. PROSIDING ISBN : 978-979- 16353-8-7. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Siti Mawaddah, Hana Anisah. 2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm 166 - 175 166

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sriwiani, Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Tesis S2. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. http://repository.upi.edu/10339/. Diakses, 13 Agustus 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Utami Munandar. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: PT. Gramedia.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-06-30
Abstract viewed = 79 times
PDF downloaded = 106 times