Analisis Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dan merupakan kegiatan penting yang dapat membantu perkembangan kreativitas siswa. Keterampilan menulis yang dapat dilakukan siswa pada sekolah dasar adalah menulis karangan eksposisi. Namun, keterampilan menulis karangan eksposisi masih sulit untuk dikuasai oleh siswa sekolah dasar (SD). Dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa faktor. Faktor utama yang memengaruhi keterampilan menulis siswa adalah dari dirinya sendiri. Siswa merasa jenuh, kurangnya pengetahuan dan pendalaman tentang menulis karangan eksposisi, sehingga siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam tulisan. Selain itu, media pembelajaran yang kurang kreatif juga dapat menyebabkan kejenuhan terhadap siswa. Guru hanya terpaku pada buku pembelajaran yang monoton. Untuk itu juga, media pembelajaran sangat dibutuhkan guna membangkitkan semangat siswa dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi berbantuan media audio visual pada siswa SD Kelas V di SDN 9 Sitoluhuta, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif.
References
Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590
Dama Yanti, N., Fadhillah, D., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Di Kelas V Sdn Cirewed, Kabupaten Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.49
Gabriela, N. D. P. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Insyiroh, S. A., Fanirin, Moch. H., & Utami, D. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Teks Eksposisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Persatuan Umat Islam Haurgeulis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(5), 451–461. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i5.823
Khoerunajah, N., Iswara, P. D., & Nugraha, D. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8.
Lovita, I. D., Muslihin, H. Y., & Indihadi, D. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar dalam Tahapan Menulis Tompkins Melalui Model Think Talk Write. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5951–5955. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2669
Muhalimah, A. P., Sulhaliza, A. P., Putri, S. M., Kartika, A. S., Ismail, B. N., & Widiyani, E. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Terhadap Siswa Kelas Ii Sd 01 Burikan Kudus. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 127–136. https://doi.org/10.30738/jipg.vol4.no2.a15298
Saputra, E., Mayasari, D., & Setyowati, R. (2024). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas V SDN 82 Singkawang. 8.
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922