MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III MELALUI METODE SIMULASI DI SDN SAMILI KECAMATAN WOHA KABUPATEN BIMA

  • Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Keberhasilan pembelajaran puisi dapat diukur dari keterjalinan peragaan dengan pendengar. Oleh karena itu, keberhasilan dalam pembacaan puisi harus menguasai keterampilan berbicara dengan baik. Kondisi riil di SDN Samili, melalui pembelajaran puisi menunjukkan kemampuan yang rendah maka solusi yang ditawarkan melalui metode simulasi dengan penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian adalah (1) apakah dengan metode simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar puisi pada siswa kelas III SDN Samili (2) apakah dengan metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan simulasi pada siswa kelas III SDN Samili. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar puisi melalui metode simulasi pada siswa kelas III SDN Samili, menunjukkan hasil baik. Kemampuan puisi melalui metode Simulasi pada siswa kelas III SDN Samili menunjukkan hasil baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) metode simulasi dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi (2) untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih bervariasi guru perlu memadu metode Simulasi dengan metode lain dan, (3) hasil penelitian ini hendaknya ditindaklanjuti penelitian berikutnya dengan lebih banyak menyiapkan variasi peran untuk dilaksanakan siswa.

Keywords: Puisi, Metode Simulasi, Keterampilan

References

Akhadiah, Sabarti dkk. (1997). Teori Belajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, Suharsimi. (1990. 1993). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Maidar dan Mukti. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Airlangga.
Hastuti, Sri. (1996). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kanwil Depdikbud. (1994). Kurikulum Bahasa Indonesia. Semarang: Kanwil Depdikbud.Ngasiani. (2009). Peningkatan Kemampuan Peningkatan Deklamasi Bahasa Indonesia melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Bringin 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran (2009/2010). Semarang: FIP.
Pasaribu dan Simanjutak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Priyono, Andreas. (2001). Petunjuk Praktis Classroom-Based Action Research. Semarang: Kanwil Depdiknas Provinsi Jawa Tengah
Sudaryanto. (1992). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. (1997). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Tarigan, Henry Guntur. (1981). Deklamasi Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tjahyono dan Setiawan. (1997). Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Usman, Uzer. (1993). Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodakarya.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 11 times