Kemampuan Literasi Anak Usia 8-9 Tahun di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima

  • Mardian Andriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Rusdin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Kemampuan literasi dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak, terutama untuk kesuksesan akademisnya. Hasil observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa masih banyak anak usia sekolah yang belum membaca dengan lancar, dimana kemampuan baca anak masih terbata-bata dan suka salah dalam menyambung kalimat. Sementara untuk menulis ada sebagian anak yang masih salah menulis kembali apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan literasi anak usia 8-9 Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian merupakan anak usia 8-9 tahun sebanyak 185 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling sampel sehinga di dapat sebanyak 31 sampel. Analisa Data menggunakan statistik deskriptif berupa tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui bahwa semua anak usia 8-9 tahun memiliki perkembangan literasi yang tidak sesuai dengan umurnya. Sesuai dengan hasil penelitian disarankan bagi orang tua untuk meluangkan waktu menemani anak belajar supaya dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan literasinya terutama dalam kemampuan membaca dan memahami isi bacaan, menulis dan berhitung sehingga anak tidak hanya mendampat pendampingan dari guru ketika sekolah saja

Keywords: Kemampuan Literasi, Anak Usia 8-9

References

Abu, A. & Sholeh, M. 2006. Psikologi Perkembangan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Depkes RI. 2006. Millenium Development Goals 2015. Jakarta
Gunarsa. 2006. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hidayat, A. A. 2006. Kebutuhan Dasar Manusia. Salemba Medika. Jakarta.
Hidayat, A. A. 2008. Bina Tumbuh Kembang Anak ,Dirjen Bina Kesehatan Keluarga. Jakarta.
Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka. Surakarta.
Hurlock, E. B. 2004. Psikologi Perkembagan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Cetakan Kelima Alih Bahasa Tjandrasa dan Zarkasih. Jakarta: Erlangga
___________. 2012. Psikologi Perkembagan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Cetakan Kelima Alih Bahasa Tjandrasa dan Zarkasih. Jakarta: Erlangga
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.
___________. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.
Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Jakarta. Salemba Medika. Jakarta.
Puji. 2010. Etika Profesi Kebidanan Edisi Revisi. Jakarta: Fitrayama
Rasmaliah. (2004). Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Penanggulangannya. Diperoleh dari http://www.Repository USU. Ac.id
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak Edisi-11. Airlangga. Jakarta.
Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset keperawatan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Soekirman. 2005. Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Suherman, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sunarti, dkk. 2009. Pola Pengasuhan Anak secara Tradisional di Kelurahan Kebagusan Daerah Ibukota Jakarta. Depdikbud.
Supartini. 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.
Suryani. 2008. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Wong. 2008. 2009. Whaley dan wong’s Nursing Care Of Ifant and Children, Mosby Inc., St. Louis Missouri
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 435 times
PDF downloaded = 353 times