Identifikasi Kemampuan Membaca dan Memahami Teks pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca pada siswa kelas III. Penelitian dilakukan dengan pengambilan studi pendahuluan serta metode pengumpulan data menggunakan tes lisan, lembar observasi untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman siswa dan metode dokumentasi. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu guru dan siswa sedangkan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah sebanyak 30 siswa dengan 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan pengambilan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif secara deskriptif. Dari hasil observasi dan test yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa yang lolos dalam tes membaca dan memahami teks, sehingga 22 siswa lainnya masih kurang mampu dalam membaca dan memahami teks. Dari hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa model belajar yang digunakan guru kurang tepat tepat sehingga siswa kurang memahami teks bacaan yang sedang dibaca.
References
Arikunto Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/2147
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Henry Guntur Taringan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95. http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459
Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30-42. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464
Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Negeri, S. D. (2017). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING KELAS V SD NEGERI 11 TEBAT KARAI. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 2. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/3338/1750
Novi Resmini, dkk. 2006. Membaca dan Menulis Di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.
Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAEDAGOGIA, 21(1), 31-46. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540
Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). PENERAPAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11-21. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/14064
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.