Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Bercerita untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui model bercerita, pada siswa Kelas I SDN Samili Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 15 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini (1) penerapan model bercerita dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menunjukkan pada pra siklus diperoleh 57,5%, siklus I 59,16%, siklus II 86,66%, (2) sedangkan pada indikator menghubungkan isi cerita dengan kata-kata sendiri pada pra siklus diperoleh prosentase 38,33%, siklus I 59,16 %, siklus II 88,33%. (3) pada indikator mengurutkan isi cerita berdasarkan naskah asli menceritakan kembali isi cerita tersebut pada pra siklus 30,83%, siklus I 65,83%, siklus II 89,16%. (4) membaca beberapa paragraf dengan kalimat sederhana pada pra siklus 39,16%, siklus I 57,5%, siklus II 86,66%.
References
Aziz, Abdul. 2005. Mendidik Anak Lewat Cerita. Jakarta: Mustaqiim.
Bunanta, Murti. 2004. Buku Mendongeng dan minat membaca. Jakarta: Elex Media Komputindo
Dhinie, Nurbiana. 2005. Metode pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Diknas. 2007. Pedoman Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Diknas. 2007. Pedoman Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Eli Saputro, Boni. 2012. Peningkatan kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui metode Bercerita Gambar Seri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusnaini, Nanik. 2005. Teknik Bercerita. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Liliatun, dkk.1981. Pedoman Guru Bahasa di TK. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil dan Mengasah kecerdasan. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.