Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Dian Islamiah STKIP Taman Siswa Bima
  • Nurrahmah Nurrahmah STKIP Taman Siswa Bima
  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima
  • Hairunisa Hairunisa STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam memilih kata, mengembangkan kalimat, dan menggunakan ejaan dalam mengarang masih sangat kurang. Hal ini ditunjukkan dengan ketercapaian KKM dari 26 siswa yang bisa mencapai KKM hanya 22% dalam menulis karangan berupa narasi, sedangkan yang belum mencapai KKM 78%. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dalam belajar dan terlihat pasif karena pembelajaran terlihat monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk memperbaiki pembelajaran menulis narasi di kelas, digunakan media gambar berseri sebagai upaya merangsang siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media gambar berseri serta menguji keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran gambar berseri menghasilkan bagian cover, pendahuluan dan petunjuk penggunaan media, data individu, contoh gambar berseri, gambar berseri, lembar jawaban, dan profil penulis, dengan ukuran kertas A5 dan 8 halaman 2) Hasil analisis angket respon siswa menunjukan skor rata-rata 88% sehingga media pembelajaran gambar berseri yang dikembangkan mendapat respon positif dan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas IV SD.

Keywords: Media Gambar, Keterampilan Menulis Narasi

References

Adisaputera, A., Lubis, F., & Hutagalung, T. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Dongeng Bagi Guru TK Aisyiyah 01 Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(4), 223–226. https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i4.15119
Akbar, Muh. R., Mulyadi, M., & Shandi, S. A. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46–56.
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, Muh. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Herman, H., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi.
Amaliyah, A., Faujiah, A. N., Habsah, D., Shuaibah, E., & Zahra, Z. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 191–195.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (18 ed.). Rajawali Press.
Gusar, M. R. S., & Irene, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans TV. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 205–2011. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i3.1300
Hasan, H. (2022). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 111–117.
Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(1), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175
Manalu, T., & Situmorang, E. (2021). Keefektifan Metode Sugesti Imajinasi Berbantuan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Narasi Sugestif pada Siswa Kelas VII SMP St.Maria Parmonangan Tahun Ajaran 2020/2021. JURNAL LITTERA: Fakultas Sastra Darma Agung, 1(2), 149–164.
Moeljadi, D., Sugianto, D., Hendrick, J. S., & Hartono, K. (2022). KBBI: Kamus Besar Bahasa Indonesia (0.5.0) [Andorid]. Badan Pengembanagan Bahasa dan Perbukuan.
Mujahidah, R., Yundayani, A., & Susilawati, S. (2019). Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa menggunakan Edmodo sebagai Platform Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/308
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 309–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. 3(2), 289–298. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1353
Pangestu, R. (2019). Meningkatkan Minat Membaca dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–53.
Rosidah, C. T., Akbar, Muh. R., Pratiwi, D. A., Ningsih, A. G., Owon, R. A. S., Amelia, D. J., Houtman, H., Rukiyah, S., & Puspita, Y. (2021). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Kelas Tinggi (1 ed.). CV Media Sains Indonesia.
Sabilla, S., Khairani, L. P., & Syaputra, E. (2022). Menganalisis Kemampuan Gemar Membaca Teks Narasi Siswa Di Man 2 Deli Serdang. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 159–164. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2484
Sipayong, R. (2021). Hubungan Pemahaman Membaca dengan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tani 095234 Tahun Ajaran 2020/2021 [Skripsi]. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1341/
Zurriyati, Z., Hayati, F., & Simatupang, Y. J. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Gambar Berseri pada Anak Kelompok A TK Bungong Nanggroe Kecamatan Padang Tiji Kab. Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/60
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 1248 times
PDF downloaded = 1010 times