Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima

  • Maya Anggriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Hairunisa Hairunisa STKIP Taman Siswa Bima
  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima https://orcid.org/0000-0002-0974-663X
  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima
  • Ulfa Widayati Universitas Muhammadiyah Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, pengaruh, dan efektivitas pengembangan buku cerita bergambar interaktif berorientasi membaca dan pendidikan karakter siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (validasi, respon guru dan respon siswa) tes, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan N-gain. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh data hasil validasi ahli media 96,25 %, ahli materi 96%, hasil respon guru 94,7% dan respon siswa 94,4%, karena 80% ≤ P < 100% sehingga produk buku cerita dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil perhitungan uji paired sample t-test menggunakan SPSS diperoleh nilai sig (2-tailed) kemampuan dan minat membaca siswa sebesar 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dengan Ha diterima. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) buku cerita disusun berdasarkan indikator membaca dan pendidikan karakter, berukuran 4cm × 3cm dan terdiri dari lima mata pelajaran tema 8 sub tema 1. 2) Buku cerita yang dikembangkan sangat layak digunakan. 3) Terdapat pengaruh peningkatan kemampuan dan minat membaca siswa setelah menggunakan buku. 4) Buku cerita yang dikembangkan memiliki tingkat efektivitas tinggi dalam meningkatkan kemampuan dan minat membaca siswa.

Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar Interaktif, Literasi, Pendidikan Karakter

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Shandi, S. A. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46–56.

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., … Hapsari, S. (2022). Media Pembelajaran. Padang: Get Press.

Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD. Univaersitas Jambi, Jambi.

Dewi, Y. P., Aprinastuti, C., & Mayasari, E. D. (2019). Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Matematika Tema 5 untuk Kelas I Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 217–224. Semarang: Universitas PGRI Semarang .

Effendy, Y., Bangsa, G., & Yudani, H. D. (2013). Perancangan Buku Cerita Bergambar Dang Gedunai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(2).

Hakim, L. (2011). Telaah Kompetensi Dasar Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah (Thesis (Diploma)). Universitas Negeri Malang, Malang.

Heri, G. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta, 7(3).

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 9(3).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(3), 229–238.

Rosidah, C. T., Akbar, Muh. R., Pratiwi, D. A., Ningsih, A. G., Owon, R. A. S., Amelia, D. J., … Puspita, Y. (2021). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI Kelas Tinggi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Rukiyati, R., Sutarini, Y. C. N., & Priyoyuwono, P. (2014). Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2).

Salsabila, R. Y., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 339–344. Unipma.

Sari, D. M. M., Makruf, S. A., Darmawan, I. P. A., Sari, M. E., Jumiyati, S., Yanti, S., … Purwanto, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Padang: Get Press.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ummah, R., & Mustadi, A. (2018). Developing Reflective Picture Storybook Media to Improve Students’ Tolerance in Elementary Schools. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 280–283. Atlantis Press.

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 311 times
PDF downloaded = 302 times