UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAMBAR STUDI PADA SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 1 BELO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan media gambar. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, yaitu : (1) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan perhatian pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (3) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajara Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil yang dicapai dalam setiap siklus, yaitu perhatian siswa dengan kriteria sangat baik pada siklus I belum ada. Siklus II 3 orang siswa (18.75%). Pada siklus III 8 orang siswa (50%). Dalam siklus III ini semua siswa sudah terfokus pada pembelajaran. Keaktifan siswa dengan kriteria sangatbaik yaitu, kriteria sangat baik menunjukkan bahwa pada siklus I belum ada, siklus II ada 5 orang siswa (31,25%), dan siklus III sudah meningkat baik yaitu ada II orang siswa (68.75%). Ini berarti menunjukkan bahwa dalam siklus III semua siswa sudah ikut aktif dalam pembelajaran setelah menerapkan pembelajaran dengan media gambar.Prestasi siswa yaitu, Siklus I jumlah siswa yang mencapai tuntas adalah 6 (37.5%) siswa dari 16 siswa, siklus II 11 (68.5%) siswa dari 16 siswa, dan pada siklus III 16 (100%) siswa dari 16 siswa atau semua siswa sudah tuntas dalam belajar.
References
Arifin, Zainal, 1990, Evaluasi Instrusional, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Jakarta : Rajawali Pers.
Baharuddin, 2008, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta : AR-Ruzz Media Group.
Departemen Agama RI, 2002, Pendidikan IPS Di Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
-------------2008, Pendidikan IPS di Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Departeman Pendidikan Nasional, 2003, Media Pembelajaran, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain, 1997, Stategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Farikhah, Siti, 2006, Evaluasi Pengajaran, Salatiga : Salatiga STAIN Press.
Hamalik, 1997, Media Pendidikan, Bandung : Alumni.
Alwi,Hasan, 2002, Kamus Basar Bahasa Indonesia, Jakarta : balai pustaka.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja.
Mudyoharjo, 1986, Stetegi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka cipta.
Nasution, Zulkarimein, 1984. Media Dalam Pembelajaran, Jakarta : CV Rajawali
Purwanto, 1992, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Rusyan, Tabrani. Atang, Kusdinar dan Zainal Arifin, 1989, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosda Karya.
STKIP TAMSIS, 2009, Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir, Salatiga : LPPM TAMSIS.
Suharsimi, Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Pt Bumi Aksara.
Susilaningsih dan Limbong, 2008, Ilmu Pengetahuan Sosial 5 , Semarang : CV Pelajar Pantai Utara.
Usman, Basyiruddin, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat pers.
Ulihbukit, 1975, Alat Peraga dan Mengajar dalam Belajar, Salatiga : Liana Wid.