Pelestarian Tokoh Lokal Masyarkat Bima Melalui Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Drama
Keywords:
Revitalisasi, Tokoh Bima, Menulis, Teks DramaAbstract
Sebagai kekayaan budaya, tokoh-tokoh setempat mencerminkan identitas masyarakat. Pengetahuan kelokalan tersebut dapat direvitalisasi untuk meningkatan kompetensi mahasiswa dalam menyediakan bahan ajar berbasis lingkungan agar mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Adapun rumusan maslah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan mahasiswa Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima dalam menulis teks drama dengan memanfaatkan tokoh lokal Dana Mbojo? Penelitian ini menggunakan teori tentng tokoh lokal dan menulis teks drama. Adapun metode penelitian ini adalah desktiptif kuantitatif. Lebih lanjut, hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan tokoh-tokoh dana Mbojo dalam menulis naskah drama. Berdasarkan hasil angket yang disebarkan pada mahasiswa yang berjumlah 18 pernyataan, “5 W 1 H” hasil analisis angket respon mahasiswa dalam menulis teks drama menunjukan kemampuan menulis teks drama cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: Berdasarkan hasil tes yang dinilai dari instrumen penelitian, mahasiswa mampu menulis teks drama dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan dalam hasil dimana 77% dengan skor nilai 59-69 dengan jumlah 11 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan acuan data tokoh lokal. Sedangkan 23% dengan skor nilai 70-80 dengan jumlah 4 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan baik, dengan acuan yang sama.
References
Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Dananjaya, U. 2013. Media Pembelajaran Aktif (edisi ke III). Bandung: Nuansa Cendekia.
Dewojati, C. 2015. Drama: Sejarah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.
Hidayat, S. O. (2014). Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama. Penerbit Universitas Terbuka.
Killen, A. and P. Cooney. 2017. Discovering the value of ‘not knowing’. Using drama for a deeper understanding of pedagogy and learning, in National Drama Publications Vol 8 No.1.
O’Sullivan, C., H. Schoenenberger and P. Kingston. 2016. The Impact of Live Performance in Primary Schools in Ireland: A Case Study of the Abbey Theatre’s Priming the Canon Programme, in National Drama Publications Vol 7 No.1.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Syamsiyatun, S. (Eds). 2013. Philosophy, Ethics and Local Wisdom in the Moral Construction of the Nation Geneva. Switzerland: Globethics.net.
Wellek, R. dan A. Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wikantiyoso, R. dkk. 2013. Kearifan Lokal dalam Perencanaan dan Perancangan Kota: untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan. Malang: Malang Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Bahasa yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Bahasa bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Bahasa tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








