Penerapan Metode Problem Solving dalam Meningkatan Hasil Belajar PPKn

  • Andriana Andriana Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pabuaran Subang
  • Nunung Nugrahawati Sekolah Dasar Negeri 4 Ciharashas Bandung Barat
  • Huriah Rachmah STKIP Pasundan Cimahi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode problem solving pada pembelajaran PPKn di kelas VIII E SMP Negeri 1 Pabuaran Subang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 40 orang siswa, yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan penggunaan metode problem solving pada pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Pabuaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah rata-rata 74,98 ada di bawah KKM yang ditetapkan sekolah dengan nilai 75. Sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 80,03 ada di atas KKM. Jadi hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Pabuaran Subang dengan metode problem solving dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Metode problem solving, hasil belajar, Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

References

Kemdikbud. (2014). Modul Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Puskur Kemdikbud.
Kojong, T. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Model Problem Solving. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Mbulu, J. (2001). Pengajaran Individual Pendekatan Metode Dan Media Pedoman Mengajar Bagi Guru Dan Calon Guru. Malang: Yayasan Elang Emas.
Musthofa, A., & Thobrani, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Putra, M. D., Putra, I. M., & Suara, I. M. (2014). Model Pembelajaran Problem Solving Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Penada Media Grup.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 362 times
PDF downloaded = 310 times