Hubungan Antara Penguasaan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Mendesain Peta Geografi Siswa Kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019

  • Syafruddin stkip taman siswa bima

Abstract

Pendidikan  pada era globalisasi memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam menyikap sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam bidangnya, untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan bersaing dalam menjawab tantangan global. Berdasarkan latar belakang pemikiran diatas rumusan penelitian ini yaitu ” bagaimanakah hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah “ingin mengetahui bagaimanakah hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019”.pelaksanaan penelitian ini dapat memberikan manfaat atau kegunaan penelitian ini yaitu: a. manfaat teoritis. b. manfaat praktis.

Metode yang akan digunakan adalah metode deskriptif dalam pelaksanaan penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan fakta tentang hubungan antara penguasaan peta konsep terhadap kemampuan mendesain peta geografi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019, yang berjumlah 140. Jadi jumlah sampel yang akan diteliti adalah 40 orang siswa. Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dengan rumus r Product Moment.

Hasil perhitungan analisa data dikonsultasikan pada nilai r tabel. Nilai r hitung yang diperoleh sebesar 0.07 untuk menguji taraf singnifikasi hasil penelitian ini perlu dikonsultasikan ke dalam formula degree of free atau derajat kebebasan nengan formula N 1 = 39, diperoleh nilai r tabel sebesar = 0,316 dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai r hitung lebih kecil dari e tabel (0.07>0,316). Maka dapat disimpulkan bahwa “hubungan antara penguasaan peta konsep terhadap kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2018, tidak singnifikan. Dengan bersandar pada hasil analisis data lapangan, yaitu dengan diperolehnya nilai r hitung yang lebih kecil dari nilai r tabel (0.07>0,316) maka dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019 tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Desain peta geografi

References

Arends, 2001http://www.infodiknas.com/peta konsep untuk melatih ketrampilan berpikir/ (www.goole.com) Udate tgl 12 08 2018.
Arikunto, suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Teguh Karya.

Dahar,2018http://fisika21.wordepress.com/2010/07/11/petakonsep mempermudah konsep sulit dalam pembelajaran

Kardi,2000http://supraptojielwongsolo.wordpress.com/2008/06/11/pentingnya peta konsepdalamppembelajaran/ (www.goole.com) Update tgl 19 08 2018
Komaruddin, 1987. Metode Penelitian. Angkasa Bandung

Riyanto, Yatim, 2001.Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC Surabaya.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 11 times