Studi Terhadap Ornament (Ragam Hias) Pada Situs Wadu Pa’a Candi Tebing Dengan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Di Kelas X SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima.

  • Sulfahri Sulfahri STKIP Taman Siswa Bima
  • Syafruddin Syafruddin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang dilakukan pada situs Wadu Pa’a di Desa Kananta kabupaten Bima. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Sejarah keberadaan Situs Wadu Pa’a, dan untuk menerapkan motif wadu pa,a dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Di Kelas X SMA. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, tinjauan pustaka dan wawancara. Sedangkan sampelnya dipilih relief patung Budha dan Ganesha untuk mewakili keseluruhan relief patung yang ada di Situs Wadu Pa’a. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kecamatan, Soromandi Kabupaten Bima merupakan peninggalan Hindu yang menurut sejarah bahwa yang memahat Wadu Pa’a ini adalah sang Bima dimana sang bima ini merupakan bangsawan dari kerajaan Medang, ( Jawa Timur). Ornamen pada makam Situs Wadu Pa’a terdapat Pahatan relief Ganesha, Budha, Mahaguru (Siwa), pilar, Catra ( payung) Stupa dan huruf Jawa kuno yang terdiri dari garis lurus, lenkung, dan terbentuk bidang dan penggarapannya dengan cara di pahat. Sehingga bisa diterapkan dalam pembelajaran apresiasi seni rupa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Apresiasi Ornamen Ragam Hias

References

Abdullah, Abdul Gani, Prof. Dr.S.H. 2004. Peradilan Agama Dalam Pemerintahan Islam di Kesultanan Bima. NTB, Yayasan Lengge Mataram

Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Tim Penyusun. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Published
2019-06-30
Abstract viewed = 300 times
PDF downloaded = 366 times