Pengaruh Media Pembelajaran Power Point terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Monta Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif antara media pembelajaran power point terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Monta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Desain penelitian adalah Pretest Posttes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMAN 1 Monta Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah X IPSĀ¹ dan kelas eksperimen adalah X IPS4. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes. Teknik anlisis data dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa di kelas X pada mata pelajaran sejarah SMA Negeri 1 Monta Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata post-tes kelompok eksperimen 85,97 sedangkan rata-rata untuk kelompok kontrol 77,38 dan perhitungan dengan ujit diperoleh thitung=9,916> ttabel = 4,034, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan pengunaaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah SMA Negeri 1 Monta tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Amalia, Isnin Agustin. (2017). Power Point sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Jurnal Edueksos, 3(2),127-144.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atik Sulistiani. (2017). Pengaruh Penggunaan Power Point (PPT) Pada Pembelajaran Matematika Materi Fungsi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi IAIN Tulungagung.
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53-68.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.