Implementasi Pembelajaran Sejarah pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Ambalawi)

  • Roni Irawan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Virus Corona (Covid 19) ditemukan masuk di Indonesia pada awal bulan maret 2020, hal ini dikarenakan adanya warga Indonesia yang terkonvirmasi terdampak Virus Corona. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang (1). Bagaiman perenacanaan Pembelajaran Sejarah pada masa pandemi Covid 19 (2). Bagaimana implementasi pembelajaran sejarah pada masa pendemi covid 19. (3) Bagaimana kendala dan dampak dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ambalawi dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari Kapala Sekolah, Guru, dan Siswa. tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Untuk memvaliditas data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi sumber, triagulasi data, dan triagulasi peneliti. Analisis data menggunakan analisis interaktif, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Perencanaan pembelajaran susun lebih awal sebelum melaksanakan kegiatan implementasi pembelajaran, agar pembelajaran berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran pada awalnya, guru membuat perangkat pembelajaran yang berdasarkan pada kompetensi Inti dan Kompetensi dasar yang termuat dalam silabus dan kurikulum 2013. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada masa pandemi Covid 19 di susun dengan terpisah yang sesuai dengan kebuhan dalam pembelajaran daring, (2). Impelementasi pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 di lakukan dengan dua model pembelajaran yaitu pembelajaran dengan model luring atau tatap muka dan juga menggunakan model pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring, (3). Kendala dan Dampak pada implementasi pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 adalah banyak siswa yang tidak memiliki HP android, tidak memiliki paket internet dan jaringan internet yang tidak stabil

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pembelajaran Sejarah, Covid 19, Daring

References

Arif Musadad, 2011. Peningkatan Kreatifitas dan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Optimalisasi Model Pemecahan Masalah Kreatif dalam Proses Belajar Mengajar (PMB) di Prodi Sejarah FKIP UNS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 17. No1.
Abd Rahman Hamid, 2014. Pembelajaran Sejarah. Penerbit Ombak.
Arif Soviyani, 2006. “13 Tahun Pelestarian “purbakala” bersama UU No. 5 Tahun 1992 Tentang Benda Cagar Budaya” dalam jurnal Pendidikan Sejarah Vol. 4 No.1
Asnawi, 2008. PembelajaranSejarah di Sekolah Menegah Atas.Jurnal Dinamika Volume VI. No. 2.
Abdul Majid, 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arif S, Sadiman, 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Aman, 2011. Model Evaluasi pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
H. B Sutopo, 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Penerapanya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Leo Agung & Sri Wahyuni, 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Luk Alfi Hidayah, 2010. Upayah Guru dalam mengatasi Hambatan Pembelajaran Sejarah pda KTSP DI SMP Negeri 39 Semarang. Jurnal Paramita. Volume 20 No.2. Halama 220.
Lexy J. Moloeng, 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Made Pidarta, 2009. Landasan Pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Maike Imbar, 1997. Kontribusi Minat Belajar dan Pembelajaran Sejarah terhadap sikap melestarikan benda cagar budaya pada mahasiswa jurusan sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tesis, PPs UNS Surakarta (Unpublished).
M. Hosnan, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Penerbit. Ghalia Indonesia.
Oka A Yanti, 1985. Budaya Tradisional Yang Nyaris Punah Bacaan Popular Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta. Depertemen pendidikan dan kebudayaan.
Oemar Hamalik, 1986. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Popha James W, 2008. Transformative Asses Stment USA. Associotion Forr Supervisio and Curiculum Development.
Sartono Kartodirdjo, 1982. Penddikan Ilmu Sosial dan Metodologi Ilmu Sejarah. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.
S. K. Kochar, 2008. Teacing of History. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
Sri Anita, 2011. Media Pembelajaran. Surakrta: Sebelas Maret University Press.
Smaldino E. Sharon, 2011. Istructional Technologi & Media for Learning (Teknologi Pemgembangan dan Media Untuk Belajar). Jakarta: Kencanan Prenada Media Group.
Suharto, 2009. Museum Kretek Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Sejarah di SMA 1 Gebog Kudus. Tesis. PPs UNS Surakarta.
Sudjana, 2002. Media Pengajaran: PT. Sinar Baru Algesindo.
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta Pedagogia
Tri Widodo, 2011. Memahami Makna Praksis Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kontroversial. Jurnal Paramita.Volume. 21. No. 2.
Widarto, 2007. Prespektif Global. Salatiga: Widya Sari.
Yudi Munadi, 2013. Media Pembelajaran Sebuah pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 61 times