Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 58 Tambana Tahun Ajaran 2019/2020

  • Subhan Subhan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

pelaksanaan layanan bimbingan belajar di kelas IV Negeri 58 Tambana. Metode penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan angket. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum membuat program layanan bimbingan belajar. Layanan bimbingan belajar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan pemahamannya. Layanan bimbingan belajar oleh guru dipahami sebagai suatu bentuk bantuan bagi siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai target yang ditetapkan. Dalam melaksanakan layanan bimbingan belajar, guru mengalami hambatan antara lain keterbatasan pemahaman, waktu, serta keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Layanan Bimbingan Belajar, Bimbingan Belajar

References

Achmad J. Nurihsan & Sudianto. 2012. Manajemen Bimbingan Konseling di SD/MI Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Badarudin. 2011. Modul Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Diakses dari https://ayahalby.files.wordpress.com/2012/10/modul-bimbingan-konseling-badar.pdf. pada tanggal 25 Februari 2020, jam 13:01 WIB.
Hikmawati. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.
M. Nurul Iman 2015. “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur.
Nur Amelia 2017. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Batangkaluku Kabupaten Gowa.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014.
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2008. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2009. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. pada tanggal 25 Februari 2020, jam 02:20 WIB.
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 314 times
PDF downloaded = 549 times