Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitan ini untuk mengetahui gambaran dan indeksasi mengenai penggunaan media sosial, perilaku belajar matematika dan mengetahui hubungan penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar matematika di MTs Almazakhirah Baramuli Pinrang. Metode penelitian mix methods merupakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sebesar 60,06, perilaku belajar matematika siswa sebesar 74,18. Instrument mengunakan angket dengan jumlah 70 butir pertanyaan dan analisis indeks tiap aspek pada penggunaan media sosial dengan nilai rata-rata untuk aspek etika berkomonikasi sebesar 3,22, aspek pemilihan informasi sebesar 2,86, aspek waktu dan aplikasi media sosial 2,87, dan sedangkan aspek topik media sosial sebesar 2,92 sehingga aspek etika berkomonikasi mendominasi dari empat aspek pada variabel penggunaan media sosial. sementara untuk varibel perilaku belajar matematika dengan nilai rata-rata pada aspek sikap belajar online sebesar 3,05 sedangkan nilai aspek belajar ofline sebesar 3,07 sehingga aspek belajar ofline mendominasi dari variabel perilaku balajar matematika. Tingkat keeratan hubungan variabel penggunaan media sosial terhadap variabel perilaku belajar matematika berada pada tingkat keeratan hubungan penggunaan media sosial terhadap variabel perilaku belajar, Pearson Correlation sebesar 0,723 variabel penggunaan media sosial berkorelasi kuat terhadap perilaku belajar pada Siswa di MTs Almazakhirah Baramuli Pinrang.
Downloads
References
Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40-51.
Afnibar, D. F. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139.
Alfaritsi, S., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2020). Analisis wacana kritis berita ‘tentang social distance’’, cara pemerintah cegah penyebaran virus corona di Detik.com.’ Jurnal Communicology, 8(1), 131–152.
Ariana, R. (2016). Dasar-Dasar Manajemen: Buku Bahan Ujian Komperhensif. Pustaka Almaida.
Aula, M. (2019). Strategi Komunikasi Customer Relations Coordinator (CRC) Kepada Penumpang Terkait Keterlambatan Penerbangan Maskapai Lion Air (Studi Kasus Bandar Udara Internasional Kualanamu).
Dan, K., Islam, P., Ilmu, F., Dan, D., Komunikasi, I., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). Mediamorfosis radio lazuar 94,1 fm dalam persaingan industri media.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Gunawan. (2000). Sosiologi Pendidikan. Sosiologi Pendidikan, 14.
Hidayat, A., Hadi, S., & Marlin, S. (2021). Strategi Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam …, 4(2), 215–233.
Ibad, S., & Lolita, Y. W. (2020). Pengembangan Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Pada Layanan Smartcity Kabupaten Situbondo). Jurnal Administrasi Publik, Vol.6(No.2), 1–27.
Ichiana, N. N., Anwar, A., Rahmayani, S., & Razzaq, A. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SETTING KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.51
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Jumrah, & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.15
Khairinal, K., Syuhada, S., & Sitinjak, R. S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Konformitas, dan Pendidikan Ekonomi keluarga, terhadap perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI Smk 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 923–938.
Muksin. (2008). Eksistensi Pemuda Islam Dalam Perspektif Hasan al-Banna. 106.
Mulyanah, N., & Andriani, A. (2021). Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 67. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9229
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nurdin, Dr. MA. Amin - Ahmad Abrori, M. S. (2020). Mengerti Sosiologi. Pengembangan, Badan Penelitian Dan Agama, Departemen Agama RI., 1–172.
Oktia Elfriza Batubara, D. (2020). Nilaiku Tergantung Jaringan. Haura Publishing.
Rahmawati, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Savi Dan Vak Pada Materi Himpunan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 21. https://doi.org/10.31941/delta.v5i2.549
Rahmayani, S. (2022). Pengaruh Disiplin Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 70-78.
Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 25-39.
Sanuddin, F. D. P., & Widjojo, A. R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Tonasa. Modus, 25(2), 217–231.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Sardi, A., JN, M. F., Walid, A., & Ahmad, A. K. (2022). An Analysis Of Difficulties In Online English Learning Experienced By The Efl Teacher. Inspiring: English Education Journal, 5(2), 144-154.
Sardi, A., Surahmat, Z., & Nur, S. (2022). The Washback of Intensive TOEFL Training Program (ITTP) on Student’s Learning Motivation. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 593-597.
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A Chapter Review: Selecting Language For Materials Writing:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Sari, R. L. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas Vii U1 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
Sofyan, A. (2019). Kinerja Dan Motivasi Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Bersertifikat Di Jakarta Barat. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Talika, F. T. (2016). Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. E-Journal, 5(1), 1–6.
Widhyharto, D. S. (2014). Kebangkitan Kaum Muda dan Media Baru. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), 141–146.
Yudhi, L. (2016). Adaptasi Disiplin Ilmu Komonikasi Di Masa Normal Baru. CV. Purta Media Nusantara.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.