Hubungan Antara Panjang Tungkai dengan Kecepatan Lari 100 Meter pada Mahasiswa Putra Program Studi Pendidikan Olahraga (STKIP) Kie Raha Ternate

  • Wardiman Datang STKIP KieRaha Ternate
  • Mahatma Raison Pribadi STKIP KieRaha Ternate

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh latihan koordinasi mata-tangan terhadap hasil shooting dalam permainan bolabasket. Metode pada penelitan ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah seruluh mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP Kie Raha Kota Ternate yang sedang memprogram matakuliah T/P Bolabasket berjumlah 23 mahasiswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 20 mahasiswa. Dari jumlah sampel tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yakni 10 mahasiswa kelompok eksperimen dan 10 mahasiswa kelompok kontrol yang dilakukan dengan teknik Ordinal Pairing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes shooting selama 30 detik. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t antara kelompok sampel hasil shooting dalam permainan bolabasket dengan uji t-berpasangan tes akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di peroleh nilai t- hitung =12,021 ((α 0.05 > sig = 0.014). dengan demikian bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan koordinasi mata-tangan terhadap hasil shooting dalam permainan bolabasket. Perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,7684. Kesimpulannya adalah ada pengaruh latihan koordinasi mata-tangan terhadap hasil shoting dalam permainan bola basket

Keywords: Panjang Tungkai, Kecepatan Lari 100 meter

References

Amber, V. 2009. Petunjuk Untuk Pelatih dan Pemain Bolabasket. Bandung: Pionir Jaya.
Lieberman, N.C. & Roberts, R. 1997. Panduan Bola Basket Untuk Wanita. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Maskum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Noris, A. K. 2013. Hubungan Antara Tingkat Konsentrasi Siswa dengan Ketepatan Free Throw dalam Permainan Bola basket. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Oliver, J. 2007. Dasar-dasar bolabasket. Bandung: Pakar raya.
PERBASI. 1999. Peraturan Permainan Bolabasket. Jakarta: Direktorat Keolahragaan
Putra, I Ketut Widnyana. 2015. Pengaruh Pelatihan Praktik Distribusi dan Praktik Padat Terhadap Hasil Shooting Bolabaasket. Jakarta: Asisten Deputi Penerapan Iptek Olahraga, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga. Jurnal Iptek Olahraga offline. ISSN:1211-0016.
Rahantoknam, B. Edward. 1988. Belajar Motorik: Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Dirjen Dikti.
Sajoto. 1988. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan dan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Drarma Prize.
Suharno, H.P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bolavoli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sukadiyanto & Muluk. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.
Wardono, A. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.
Published
2020-12-22
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 53 times