Pelaksanaan Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Se-Kota Bima

  • Shutan Arie Shandi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri se-Kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri se-Kota Bima, yaitu sebanyak 30 guru. Penentuan sampel pada penelitian ini dengan teknik total sampling. Variabel yang menjadi fokus pengamatan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri se-Kota Bima. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei dengan menggunakan angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Deskriptif presentase. Pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kota Bima dimulai dari perencanaan evaluasi pembelajaran, praktek/ ketrampilan, sikap positif, kehadiran dan nilai akhir pada umumnya adalah Tinggi yaitu sebanyak 18 orang atau 60%, 5 responden 17% dengan kriteria sedang, 1 responden (3%) dengan kriteria kurang dan 6 responden 20% dengan kriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kota Bima sudah terlaksana dengan baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dadar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, Max. dkk., 2001. Belajar Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pers.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Husdarta dan M. Saputra Yuda. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Krisnawan, Agus. 2006. Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Penjas Di SD Negeri Se Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya. Poerwodarminto W. J. S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Suherman, Adang. 2000. Dasar-dasar Penjas. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Gajah Mada University Presss.
Sukardjo S. dan Nurhasan. 1992. Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 7 times