Perancangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS 6 pada Materi Jaringan Komputer untuk Siswa SMK

  • Nurhasanah Nurhasanah STKIP Taman Siswa Bima
  • Nur Fitrianingsih STKIP Taman Siswa Bima
  • Ahyar Ahyar STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

This study aims to design adobe flash CS 6-based animation learning media and determine the feasibility of adobe flash-based animation learning media. The final result of this research is Adobe Flash CS 6-based animation learning media on computer network material for class X TKJ at SMKN 1 Kota Bima which has been tested for feasibility. This study uses the R&D method with the ADDIE model. The stages in this study include five stages, namely (1) the analysis stage (needs analysis), (2) design, (3) development (product development), (4) implementation (product trial) , and (5) evaluation (product maintenance). Based on the final assessment of media experts I and media experts II with a percentage of 92.5%, media experts stated that Adobe Flash-based animation learning media on computer network material that had been developed was declared very feasible. Based on the final assessment of the material experts with a percentage of 90% stated that Adobe Flash CS6-based animation learning media on computer network material that had been developed was declared Very Feasible. While the final result of the small group respondents' assessment of Adobe Flash CS6-based animation learning media on computer network material with a percentage of 81.25% was declared Feasible. The final result of the large group respondent's assessment of the android-based computer assembly learning media with a percentage of 85.87% was stated to be Very Feasible.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS 6 dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran animasi berbasis adobe flash. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran animasi berbasis adobe flash pada materi jaringan komputer kelas X TKJ di SMKN 1 kota bima yang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE Tnahapan dalam penelitian ini meliputi lima tahapan, yaitu (1) tahap analisys (analisis kebutuhan), (2) design, (3) development (pengembangan produk), (4) implementation (uji coba produk), dan (5) evaluation (pemeliharaan produk). Berdasarkan penilaian akhir dari Ahli media I dan Ahli media II dengan persentase 92,5% ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS 6 pada materi jaringan komputer yang telah dikembangan dinyatakan Sangan Layak. Berdasarkan penilaian akhir dari Ahli materi dengan persentase 90% menyatakan bahwa media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS 6 pada materi jaringan komputer yang telah dikembangkan dinyatakan Sangat Layak. Sedangkan hasil akhir dari penilaian responden kelompok kecil terhadap media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS 6 pada materi jaringan komputer dengan persentase 81,25% dinyatakan Layak. Hasil akhir dari penilaian responden kelompok besar terhadap media pembelajaran perakitan komputer berbasis android dengan persentase 85,87% dinyatakan Sangat Layak.

Keywords: Animasi, Jaringan Komputer, Media Pembelajaran, Adobe Flash

References

Anggraini, L., Refianti, R., & Adha, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH BERBASIS KONTEKS LUBUKLINGGAU DITINJAU DARI SEGI KEVALIDAN. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 84–89.

Dharmalau, A., & Nurlaela, L. (2021). Perancangan media pembelajaran lagu daerah dengan animasi interaktif menggunakan Adobe Flash. JEIS: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 1(1), 31–36.

Fitrianingsih, N., Hardiansyah, H., Suciyati, S., Fitriati, I., & Afriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis AVS Video Editor pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 85–90.

Fitriati, I., Fitrianingsih, N., & Wardi, L. (2023). Perancangan Aplikasi Presensi berbasis QR Code untuk Efisiensi Manajemen Kehadiran Siswa MAN 1 Bima Abstrak. 3(2).

Fitriati, I., & Ghazali, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Lecture Maker pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 9 Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 77–86.

Lutfi, A. F., & Usamah, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk mata pelajaran fikih dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 219–232.

Prayudi, A., Fathirma’ruf, & Supriyaddin. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 4(3), 117–122. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i3.1676

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif (1st ed.). Kaukaba Dipantara.

Suyapermana, N., & Imroatun, I. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Serang: FTK Banten Press.

Syafril, M., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.

Syefrinando, B., Suraida, S., & Parman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk Mata Kuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 39–44.

Published
2023-10-13
Section
Articles
Abstract viewed = 50 times
PDF downloaded = 46 times