Upaya Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Siswa Kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Syahbuddin Syahbuddin STKIP Taman Siswa Bima
  • Sri Kurniawati STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan yang diharapkan dapat dicapai dalam kegiatan penelitan ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Listening Team pada mata pelajaran Sejarah di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research). Arikunto (2013:130) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu pengamatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran. Objek penelitian adalah siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Kabupaten Bima. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi dimana pada siklus I rata-rata nilai tes formatif sebesar 70,92 menjadi 84,07 pada siklus II atau meningkat sebesar 14,94 sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70,37% menjadi 92,59% pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 22,22%. Peningkatan prestasi belajar ini disebabkan meningkatnya aktivitas belajar siswa baik kegiatan diskusi maupun presentasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Listening Team, prestasi belajar, Sejarah

References

Agung, Leo dan Sri Wahyuni, 2013, Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Ombak; Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Aqib, Zaenal, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Yrama Widia: Bandung
Aritonang, Martauli, 2016. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Listening Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 3 Metro Barat tahun 2016. program studi PGSD FKIP Universirs Lampung
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, PT Rineka Cipta: Jakarta.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.

Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Remaja Rosdakarya: Bandung.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kopetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menegah.
Rowse, A.L., 2014, Apa Guna Sejarah?, Komunitas Bambu: Depok.
Sardiman. 2011. Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sari, Ida Mafikha. 2015. Penggunaan Model Listening Team sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Bertanya pada pembelajaran IPA Siswa Kelas X SMK YP 17-2 Madiun, Jurnal Florea Volume 2 No. 1, April 2015 (23-28).
Slameto, 2006, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta.
Syah, Muhibbin, 2011, Psikologi Belajar. Bumi Aksara: Jakarta
Sudjana, Nana, 2008, Penilaian Hasil Proses Belajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto, 2008, Mendesain Pembelajaran Kontekstual di kelas, Cerdas Pustaka: Jakarta.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 209 times