Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Plotagon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan
  • Syahriani Sirait Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah digunakannya media animasi berbasis plotagon yang diadakan di SD N 010246 Banjar. Manfaat media animasi yang menarik seperti Plotagon dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan teknologi yang menarik dan relevan dengan minat mereka. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yakni sampel penelitian yang akan digunakan adalah semua anggota populasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N 010246 Banjar yang berjumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media plotagon berpengaruh secara signifikan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil tersebut di dapat dari hasil pengujian uji hipotesis diperoleh perhitungan t_hitung= 3,559 dan t_tabel = 1,675. Dengan dk = 51. Maka t_hitung > t_tabel dengan 3,559 > 1,675, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media animasi berbasis plotagon untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media Animasi Platagon, Hasil Belajar, Matematika

References

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56.

Asriyadin, A., Puspitasari, I., & Susilawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 29–38.

Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Improving student character and learning outcomes through a neuroscience approach based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2330(1).

Azizah, R. D., & Habaridota, M. L. B. B. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL ISLAM PONTIANAK. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik Dan Praktisi SD&MI (JKIPP), 2(2), 144–163.

Cahyani, N. M. D., Dewantara, I. P. M., & Wirahyuni, K. (2022). PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MELAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(4), 417–426.

Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA PLOTAGON TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2).

Mubarok, H., & Setiawan, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi Menggunakan plotagon studio pada materi peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4).

Mufidah, A., Agustina, W. L., & Ekapti, R. F. (2023). DE-ASIGION (DIGITAL PLOTAGON ANIMATION VIDEO) AS A MIDDLE SCIENCE LEARNING MEDIA TO AVOID SDGS 2030. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 4(1).

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Nurhaura, S. E., & Zulfadewina, Z. (2022). PENGARUH MEDIA PLOTAGON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KALOR DI SDN CIBUNTU 01. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2).

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.

RAKHMAT, N. U. R. (n.d.). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS TEMA BUMIKU MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PLOTAGON.

Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi (Vol. 1). Rinda Fauzian.

Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44.

Rukmana, A. Y., Zebua, R. S. Y., Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51–76.

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sirait, S., & Keswanto, F. (2023). Pengaruh Course Review Horay Berbantuan Aplikasi Matrix Operations Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 8(1), 25–30.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Published
2023-12-01
How to Cite
Eva Margaretha Saragih, & Syahriani Sirait. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Plotagon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1005-1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1265
Abstract viewed = 70 times
PDF downloaded = 53 times