Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III

  • Esty Aisyah Fajriati Universitas Mataram
  • Asrin Asrin Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika di kelas III SDN Gugus III Selaparang dengan menerapkan pendekatan matematika realistik (PMR). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis quasi experimental bentuk nonequivalen control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes tulis kemampuan perkalian bilangan cacah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN Gugus 3 Selaparang berjumlah 279 siswa dan sampelnya adalah SDN 39 Mataram dan SDN 13 Mataram berjumlah 54 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPPS. 25 for windows. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil uji Independent Sample T-Test menggunakan n-gain berbantuan SPPS. 25 for windows diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0.001 ˂ 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Gugus III Selaparang Tahun Ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika

References

A’yun, Q., & Sujiwo, D. A. C. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 88–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.466

Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, L. A., Wardani, T. K., & Yuntawati, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal : Media Pendidikan Matematika, 10(2), 9. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.5812

Faisal, M., Asrin, & Jaelani, A. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 807–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.351

Farida, B. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–182.

Gomes, M., Hirata, G., & Oliveira, J. B. A. (2020). Student composition in the PISA assessments: Evidence from Brazil. International Journal of Educational Development, 79. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102299

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21 [Mathematical literacy in welcoming PISA 2021 based on 21st century skills]. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64.

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 65. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76

Indriani, N., Salsabila, Z. P., & Firdaus, A. N. A. (2022). Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode RME Pada Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a9.2022

Kenedi, Kiswanto, A., & Helsa, Y. (2017). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Padang : UNP Press.

Nurhandayani, Saputra, H. H., & Arjudin. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Gugus II Madapangga 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3).

Pratiwi, R. J., Djumhana, N., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388–397. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/viewFile/20659/10385

Putri, T. Y., & Ariani, Y. (2020). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2453–2452. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.729

Sugilar, D. J. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D (P. D. Sugiyono (ed.); 19th ed.). Alfabeta.

Sumianto, S. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim Sdit Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 2(1), 49–56.

Sutarto, H. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan Dan Implementasinya. PT Rajagrafindo Persada.

Published
2023-12-22
How to Cite
Esty Aisyah Fajriati, Asrin, A., & Muhammad Syazali. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1132-1139. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1337
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 35 times