Pengembangan e-Modul Interaktif Getaran dan Gelombang (eMIGG) untuk Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk e-modul interaktif getaran dan gelombang (eMIGG) untuk pembelajaran IPA di SMP. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahapan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji coba skala kecil telah dilakukan dengan menggunaan desain time series. Data pada penelitian ini meliputi data validasi produk eMIGG yang dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, serta data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan melalui instrumen tes penguasaan konsep materi getaran dan gelombang. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa produk eMIGG dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan eMIGG dalam pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Downloads
References
Afrijhon, N. S. (2021). Desain multimedia interaktif menggunakan software adobe flash professional CS5. 5 pada materi gelombang. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 84-89. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.710
Andani, T., Mawaddah, I. Z., & Yuliani, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran komik berbasis web pada pokok bahasan efek doppler di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 26-32).
Anto, A. R., Firdaus, T., Widayanti, W., & Sinensis, A. R. (2021). Laboratorium virtual (PHET simulation): peningkatan kemampuan analisis siswa pada materi gelombang mekanik. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(2), 73-77. https://doi.org/10.30599/uteach.v2i2.44
Arista, H., & Rahma, A. A. (2021). Penerapan model pembelajaran ROPES (review, overviwew, presentation, excercise, summary) dengan pemberian tugas untuk mengingkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika kelas X TKJ-A di SMK Minhajud Thullab Muncar. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 96-106. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.729
Awwaliyah, H. S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP tema cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education, 4(2), 516-523. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1899
Cahya, R. E., & Sucahyo, I. (2021). Pengembangan LKPD simulasi wave on string untuk pembelajaran gelombang stasioner di SMA. Pendipa Journal of Science Education, 5(3), 366-371. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.366-371
Darsa, D. Y., Nasir, M., & Rusydi, R. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 2019(2), 24-30. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2019i2.7443
Datoh, M., Prastowo, S. H. B., & Supriadi, B. (2019). Identifikasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada konsep fisika materi suhu dan kalor dengan menggunakan taksonomi Bloom. FKIP e-Proceeding, 4(1), 280-283.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, L., Susilawati, S., & Kurniawan, W. (2020). Pengaruh media lectora inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi difraksi dan interferensi gelombang mekanik kelas XI SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 20-26. http://dx.doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3443
Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-modul IPA 2 untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi covid-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 107-114.
Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno, S. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA menggunakan media aplikasi android getaran dan gelombang. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26-33. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936
Gumrowi, A. (2020). Meningkatkan hasil belajar materi gelombang menggunakan simulasi crocodile physics pada model think-pair-share. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 70-78. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2683
Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis miskonsepsi siswa SMP pada konsep getaran dan gelombang. Pendipa Journal of Science Education, 6(2), 428-433. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.428-433
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Handayanti, A., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2020). penggunaan media PHET (physics education technology) pada pembelajaran getaran dan gelombang untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMP. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 63-72. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.553
Hasmar, F. A., Siswoyo, S., & Rustana, C. E. (2020). Pengembangan video pembelajaran gelombang bunyi menggunakan model problem based learning (PBL). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-JournaL) (Vol. 9, pp. SNF2020PF-131). https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.19
Hidayatulloh, A. (2020). Analisis kesulitan belajar fisika materi elastisitas dan hukum hooke dalam penyelesaian soal–soal fisika. Kappa Journal, 4(1), 69-75. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1636
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi, Y. (2019). Aplikasi media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe pada pokok bahasan suhu dan kalor terhadap hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140
Juwita, R. (2016). Pengembangan kit elektrokimia kelas XII SMA. Jurnal Pelangi, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.389
Kameo, W., Handayanto, S. K., & Taufiq, A. (2020). Eksplorasi penguasaan konsep gelombang mekanik mahasiswa pendidikan fisika tahun pertama semester genap Universitas Nusa Cendana Kupang. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(1), 46-52. http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i1p46-52
Khunaeni, L. N., Yuniarti, W. D., & Khalif, M. A. (2020). Pengembangan modul fisika berbantuan teknologi augmented reality pada materi gelombang bunyi untuk SMA/MA kelas XI. Physics Education Research Journal, 2(2), 83-94. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6144
Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37729/jips.v1i1.570
Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100-105. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23143
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII. Pendipa Journal of Science Education, 6(2), 338-345. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345
Medica, W. P. (2021). Penggunaan media virtual laboratory dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan konsep gelombang bunyi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(2), 229-239.
Megawati, M. (2017). Pengaruh media poster terhadap hasil belajar kosakata bahasa inggris (eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal, 4(2), 217637. https://doi.org/10.46244/geej.v4i2.738
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia director pada materi usaha dan energi kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 1-10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10
Miftahatuljannah, A. N., & Wahyuningsih, D. (2021). Analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan e-modul fisika berbasis assurance, relevance, interest, assesment, satisfaction (arias) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid 19. In Seminar Nasional Fisika (Vol. 1, No. 1, pp. 52-58).
Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas model inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fisika yang bersifat abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 48-53.
Nandyansah, W., & Suprapto, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak pada materi model atom. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.26740/ipf.v8n2.p%25p
Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97-111.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155
Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis qr-code untuk melatihkankemampuan literasi digital siswa pada materi perubahanlingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457-468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468
Raimah, R. (2021). Penggunaan model problem based learning berbasis media animasi untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik SMA Negeri 1 Kutapanjang pada materi gelombang. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 10-15.
Robbin, A., & Suriadi, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan doodle art pada materi sejarah lokal semende. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 86-94. http://dx.doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3551
Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grapindo Persada
Saprudin, S., & Hamid, F. (2018a). Penggunaan multimedia interaktif model drill and practice materi fluida dinamis untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-journal) (Vol. 7, pp. SNF2018-PE). https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.19
Saprudin, S., & Hamid, F. (2018b). Efektivitas penggunaan multimedia interaktif materi kalor berorientasi peta kompetensi siswa Sekolah Menengah Atas. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 29-38. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.135
Saprudin, S., Rahman, N. A., Amiroh, D., & Hamid, F. (2021). Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 20-26. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.1144
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38-42. http://dx.doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sitepu, B. P. (2006). Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing.
Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Media simulasi PHET berbasis inkuiri terbimbing materi getaran dan gelombang terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Pensa: e-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 75-80.
Sujanem, R., Suswandi, I., & Yasa, P. (2020). Pelatihan Pembuatan E-Modul Fisika Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis bagi Guru Fisika SMAN 1 Mengwi. In Proceeding Senadimas Undiksha, 793-801.
Suryaningtyas, A. D., Permana, H., & Wibowo, F. C. (2020). Pengembangan e-modul berbasis android dengan metode fodem pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Journal) (Vol. 9, pp. SNF2020PF-169).
Suyoso, & Nurohman, S. (2014). Developing Web-Based Electronics Modules As Physics Learning Media. Jurnal Kependidikan, 44(1), 73–82. https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2193
Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020). Kendala mahasiswa dalam menggunakan simulasi virtual phet pada pembelajaran praktikum gelombang selama pandemi covid-19. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Waliyah, I., Harun, A. I., & Rasmawan, R. (2016). Pengaruh petunjuk praktikum kimdas i berbasis inkuri terbimbing terhadap kerja ilmiah mahasiswa pendididkan kimia Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i3.14495
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan e-modul listrik statis berbasis kontekstual sebagai sumber belajar fisika. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 40-56. http://dx.doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5235
Zakiah, I. F., Karim, S., Efendi, R., & Feranie, S. (2020). Rancang bangun e-book interaktif pada materi gelombang cahaya. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(1), 1-8.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.