Analisis Literasi Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif
Abstract
Pembelajaran IPA sangat berkaitan dengan segala sesuatu yang terjadi di alam ataupun pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi sains dan pemecahan masalah pada materi zat aditif dan zat adiktif penting untuk dilakukan pada setiap kegiatan pembelajaran bab tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 8E dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Analisis data dilakukan dari hasil tes literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah siswa masing-masing sebanyak 10 soal. Hasil pada penelitian ini adalah literasi sains siswa dengan persentase terbanyak adalah kriteria cukup sebesar 57,14% dan pada indikator petama mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid juga menjadi indikator persentase terbanyak yaitu 40%. Pada kemampuan pemecahan masalah siswa keiteria dengan persentase terbanyak adalah sangat baik sebesar 62,06% dan indikator pertama yaitu memahami masalah menjadi indiaktor dengan persentase terbanyak yaitu 41,37%. Dengan demikian, maka persentase literasi sains mengalami peningkatan maka akan membuat kemampuan pemecahan masalah siswa juga mengalami peningkatan.
Downloads
References
Dewi, PS, & Hendy, WS (2019). Improving Problem Solving Ability and Mathematical Disposition of Students With Problem-Based Learning. Mathema Journal, 1(1), 31-39.
Erniwati., Istijarah., Tahang., Hunaidah, & Mongkito, V.H.R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA di Kota Kendari: Deskripsi dan Analysis. Jurnal Kumparan Fisika, 3 (2),99-108.
Gusti, AR, Yesy, A., Della, VS, & Ahmad, W.(2020). Affective Assessment of Integrated Science Online Learning Using Media Whatsapp Diffraction:Journal For Physics Education And Applied Physics, 2(2), 65-73. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Hanim, L., Herawati, S., & Lia, Y. (2020). Pengaruh Peta Pemikiran Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Dan Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 180-186. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Hasasiyah, SH, Hutomo, BA, Subali, B., & Martowo.P. (2019). Analysis of Science Literacy Ability of Middle School Students Blood Circulation Material, Journal of Science Education Research, 6(1), 5-9. 10.29303/jppipa.v6i1.193
Mariam, S., Nuni , N., Devina, N., & Nadila, R. (2019) Analysis of Mathematical Problem Solving Ability of MTsN Students Using the Open Ended Method in West Bandung. Scholar's Journal: Journal of Mathematical Education ika, 3 (1), 178-186.
Mawaddah, S, & Anisah.(2015). KemampuanPemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Leraning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 166-175.
Narut, YF, & Kanisius, S. (2019). Scientific Literacy of Students in Science Learning in Indonesia. Journal of Basic Education Innovation, 3(1), 61-69.
Pertiwi, UD, Rina, DA, & Riya, I. (2018). The Importance of Science Literacy in Science Learning in Middle Schools in the 21st Century. Indonesian Journal Of Natural Science Education, 1(1), 24-29.
Prafitasari, A, N.(2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Negeri 7 Jember Berbasis Media Aplikasi Tes. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 111-122. http://dx.doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3161
Pratiwi, SN, Cari, C., & Aminah, NS (2019). 21st Century Science Learning With Students' Scientific Literacy. Journal of Materials and Learning Physics (JMPF), 9(1),34-42.
Ramadhan, A., Saepul, A., & Agam, F, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Kelas X Materi Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 32-330. 10.22460/jpmi.v4i2.323-330
Rambe, AYF, & Lisa, DA (2020). Analysis of Students' Mathematical Problem Solving Ability in Solving Sequences and Series Problems. Axiom: Journal of Education and Mathematics, 9(2),175-187.
Setyawan, RA, & Hana, SK(2021). Critical Thinking Skills in Science Learning Through the Discovery Learning Model for Elementary School Students. Journal of Basicedu, 5(2), 1076-1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877
Sulistyowati, E (2018). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Proyek Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas 8 OSN SMP N 1 Klaten. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 1(2), 3-9.
Suryanda A., Eka, PA, & Daniar, SR (2021). Improving the Skills of Science Teachers in Developing Innovative Learning Media Based on Local Potential. Dinamisia: Journal of Community Service, 5(4), 836-842. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.3849
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.