Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Ranti Gusti Rahayu Universitas Negeri Padang
  • Yerimadesi

Abstract

Telah tersedia modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang telah teruji valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap pembelajaran, sehingga belum dikatakan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dan disebarkan kepada wilayah yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul stoikiometri berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi-experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X IPA 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan modul berbasis guided discovery learning, sementara kelas kontrol menggunakan sumber lain. Instrumen penelitian berupa soal tes pretest-posttest yang telah valid,reliabel, memiliki daya pembeda soal dan indeks kesukaran yang baik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Keefektifan modul dianalisis berdasarkan nilai n-gain. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 0,721 sedangkan kelas kontrol 0,620. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung ttabel yaitu 4,18 1,99. Kesimpulannya, pengggunaan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Modul, Stoikiometri, Guided Discovery Learning, Hasil Belajar

References

Adhim, A. Y., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(3), 77–82.

Aprelianda dan Yerimadesi. (2019). Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1129–1138.

Arafah, K. (2020). The Effect of Guided Discovery Method and Learning Interest on Students’ Understanding of Physics Concepts. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3259

Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144

Brady, J. E., Sense, F., & Jespersen, N. . (2007). Chemistry: Matter and Its Changes. 1(1), 42–59. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.326

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=75464&pRegionCode=UN11MAR&pClientId=112

Marzuki, M. ., Ramli, M., & Sugiyarto, S. (2017). Pengembangan Modul Plantae berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Lombok Timur. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 47–54. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/15276

Maya, Yuni, D. (2018). Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika ISSN 2549-3906 E-ISSN 2549-3914. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 139–151.

Nugroho, A. A., & Subiyantoro, S. (2017). Pengembangan Modul Sistematika Tumbuhan Tinggi Berbasis Guided Discovery untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bio-Pedagogi, 6(2), 19. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v6i2.20696

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Said, E. Y. F., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukimia, 3(1), 004–008. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a154

Siregar, G. H., & Tambunan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Instalasi Tenaga Listrik. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 68. https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29249

Sudjana. (2005). Metode Statistika (Cetakan 1). Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyowati, N., Widodo, A. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, 2(1), 49–55.

Supliyadi, Baedhoni, M. I., & Wiyanto. (2017). Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 205–212.

Yerimadesi. (2014). Pengembangan Model Guided Discovery Learning (GDL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di SMA. In Presiden Republik Indonesia.

Yerimadesi, Kiram, P. Y., & Lufri. (2017). BUKU MODEL Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151

Yerimadesi, Yerimadesi, Bayharti, B., & Oktavirayanti, R. (2018). Validitas Dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 17. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/143

Published
2022-09-01
How to Cite
Ranti Gusti Rahayu, & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 425-430. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.626
Abstract viewed = 97 times
PDF downloaded = 68 times