Keterampilan Generik Sains Mahasiswa dalam Blended Learning

  • Eko Fery Haryadi Saputro Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
  • Novika Lestari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
  • Nurul Apsari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur keterampilan generik sains mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi ketika menerapkan blended learning. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi eksperiment design) tipe time-series. Penelitian ini dilakukan dari November 2021 sampai Januari 2022. Lokasi penelitian dilaksanakan di STKIP Melawi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Melawi semester tiga. Sampel berjumlah 114 mahasiswa. Instrumen dan pengumpulan data dilakukan secara tes. Analisis data penelitian ini menggunakan n-gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan keterampilan generik sains setelah penerapan blended learning tergolong sedang. Hal tersebut ditunjukan dari 71,05% mahasiswa memperoleh nilai n-gain diantara 0,3 sampai 0,7. Dengan demikian, blended learning dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan generiks sains mahasiswa. Meskipun demikian, perlu dilakukan inovasi penelitian lebih lanjut terkait penerapan blended learning dengan dipadukan aktifitas lain agar mampu memaksimalkan peningkatan keterampilan generik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Keterampilan Generik Sains, Blended Learning, Pembelajaran Campuran

References

Agustina, S., & Muslim, M. (2012). Praktikum Besaran dan Pengukuran Kelas X Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1–7.

Alsalhi, N. R., Eltahir, M. E., & Al-Qatawneh, S. S. (2019). The effect of blended learning on the achievement of ninth grade students in science and their attitudes towards its use. Heliyon, 5(9), e02424. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02424

Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis Terhadap Keterampilan Generik Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 834–840. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/394

Damayanti, F. F., Nuvitalia, D., & Huda, C. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Tabung Resonansi Horizontal terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional The 5th Lontar Physics Forum 2019, 1–9.

Dibyantini, R. E., & Azaria, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 81. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19561

Doyan, A., Susilawati, S., Hadisaputra, S., & Muliyadi, L. (2022). Effectiveness of Quantum Physics Learning Tools Using Blended Learning Models to Improve Critical Thinking and Generic Science Skills of Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 1030–1033. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1625

Ermawati, E., Sugiarto, R., & Vebrianto, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 213. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6589

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student’s learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a

Hasanah, S. I., Romy Faisal Mustofa, & Ryan Ardiansyah. (2020). Correlation between Generic Science Skills and Scientific Attitudes on Learning Outcomes. Bioeduscience, 4(2), 124–128. https://doi.org/10.22236/j.bes/424942

Hasian, H. P., Situmorang, R. P., & Tapilouw, M. C. (2020). Pengembangan media animasi sistem gerak berbasis model POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains mempelajari Biologi. JIVPA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 115–131.

Kencana Sari, F. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929

Khikmah, R. I., & Astuti, A. P. (2019). Analisis keterampilas generik sains pada pembelajaran kimia (studi kasus di sma kota semarang). Seminar Nasional Edusainstek, 440–450.

Khoiri, N., & Fauziyah, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga dengan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 63–68. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5737

Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Alat Peraga Konstanta Pegas Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6088

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Maulina, A., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2017). Penerapan Metode Praktikum Berbantuan Diagram Vee. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–11.

Noviandayati, I. (2021). Penerapan Model Guided Inquiry Dan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Di SMP Negeri 1 Candi. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 28. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5107

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Rahmayanti, J., Connie, C., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 199–208. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.199-208

Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers and Education, 144(September 2019), 103701. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103701

Ratnasari, A., & Maulidah, R. (2019). Keterampilan Keterampilan Generik Sains Siswa Melalui Model Learning Cycle 7E Pada Materi Pencemaran Lingkungan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 35–44. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.396

Razali, Halim, A., Haji, A. G., & Nurfadilla, E. (2020). Effect of inquiry learning methods on generic science skills based on creativity level. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012118

Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. (2017). Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 5(2), 130–137. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2997

Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). The Generic Science Skill Profile of High School on Theory Momentum and Impulse. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012058

Sari, F. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Schoology dan Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa. In Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sudarmin. (2012). Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kimia Organik. Unnes Press.

Wahyuni, S., Gusti Made Sanjaya, I., Erman, & Jatmiko, B. (2019). Edmodo-based blended learning model as an alternative of science learning to motivate and improve junior high school students’ scientific critical thinking skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(7), 98–110. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9980

Wahyuningsih, Y., Rchmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik SAINS dalam Pembelajaran IPA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 227–234.

Wikansari, R., Napid, S., Junaidi, J., Ari, W., & Susilo, S. (2022). Analysis of generic science skills in prospective biology teacher students. 13(May 2021), 1931–1935.

Yanti, C. A., Kistiono, K., & Wiyono, K. (2020). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas X Pada Materi Dinamika Partikel Di Sma Negeri 10 Palembang. https://repository.unsri.ac.id/32326/

Published
2022-09-15
How to Cite
Eko Fery Haryadi Saputro, Novika Lestari, & Nurul Apsari. (2022). Keterampilan Generik Sains Mahasiswa dalam Blended Learning. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 792-797. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.672
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 14 times