Komparasi Hasil Belajar Kimia Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penilaian Performens dan Project Based Learning (PjBL)

  • Apriliana Drastisianti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Lis Setiyo Ningrum Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Dante Alighiri Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh pada bidang pendidikan sehingga diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM tersebut dengan memperbaiki konsep menghafal yang dipegang teguh oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia yang lebih baik antara pembelajaran berbasis penilaian performens dengan project based learning (PjBL). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas eksperimen 1 yang menggunakan pembelajaran berbasis penilaian performens dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan project based learning (PjBL). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan soal tes hasil belajar kimia. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji independent sample t-test nilai signifikansi 0,012 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Penilaian Performens, Project Based Learning, Hasil Belajar

References

Alif, A., Nonoh, A. S., & Sarwanto. (2015). Authentic Assessment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Abstrak Pendahuluan. Jurnal Inkuri, 4(3), 39–50.

Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653

Arif Rahman. (2018). Hubungan Motivasi dan Sikap Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Wera. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.60

Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 336–355.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.

Jemitun, J. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kelas Melalui Supervisi Teknik Whatapp-Derektif (Wade). Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), I, 95–106.

Kartini, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Redoks ( Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia ), 2(01), 29–33. https://doi.org/10.33627/re.v2i01.110

Louhab, F. E., Bahnasse, A., & Talea, M. (2018). Towards an Adaptive Formative Assessment in Context-Aware Mobile Learning. Procedia Computer Science, 135, 441–448. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.195

Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia, 3(2), 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301

Pertiwi, C. S. R., Rochman, C., & Mansyur, A. S. (2019). Analisis Tantangan Ketercapaian Indikator Standar Penilaian. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2018

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Sari, E. N., Rosyidatun, E. S., & Juanengsih, N. (2015). Profil Penilaian Otentik Pada Konsep Biologi Di Sma Negerikota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 26. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.325

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Ulfah, M., Bakti, I., & Saadi, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Tugas Mind-Map Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 5(3), 95–101.

Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNISMUS 2018, 6(1), 6–19.

Alif, A., Nonoh, A. S., & Sarwanto. (2015). Authentic Assessment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Abstrak Pendahuluan. Jurnal Inkuri, 4(3), 39–50.

Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653

Arif Rahman. (2018). Hubungan Motivasi dan Sikap Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Wera. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.60

Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 336–355.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.

Jemitun, J. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kelas Melalui Supervisi Teknik Whatapp-Derektif (Wade). Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), I, 95–106.

Kartini, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Redoks ( Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia ), 2(01), 29–33. https://doi.org/10.33627/re.v2i01.110

Louhab, F. E., Bahnasse, A., & Talea, M. (2018). Towards an Adaptive Formative Assessment in Context-Aware Mobile Learning. Procedia Computer Science, 135, 441–448. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.195

Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia, 3(2), 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301

Pertiwi, C. S. R., Rochman, C., & Mansyur, A. S. (2019). Analisis Tantangan Ketercapaian Indikator Standar Penilaian. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2018

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Sari, E. N., Rosyidatun, E. S., & Juanengsih, N. (2015). Profil Penilaian Otentik Pada Konsep Biologi Di Sma Negerikota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 26. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.325

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Ulfah, M., Bakti, I., & Saadi, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Tugas Mind-Map Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 5(3), 95–101.

Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNISMUS 2018, 6(1), 6–19.

Published
2022-09-22
How to Cite
Apriliana Drastisianti, Lis Setiyo Ningrum, & Dante Alighiri. (2022). Komparasi Hasil Belajar Kimia Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penilaian Performens dan Project Based Learning (PjBL). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 875-881. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.696
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 9 times