Efektivitas Penggunaan E-Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Percobaan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil pencapaian kompetensi belajar materi titrasi asam basa di SMAN 5 Padang masih terlihat rendah karena masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi dan dalam proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan Efektivitas Penggunaan E-Modul Titrasi Asaam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Percobaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment Research) dengan rancangan Pretest-Posttest non equivalent Control Group Design. Data penelitian meliputi hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 SMAN 5 padang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice test) yang telah diuji cobakan. Analisis data di ujikan dengan mengunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian, hasil N-gain pada kelas eksperimen (0,71) yang termasuk dalam kategori tinggi dimana lebih tinggi dari kelas kontrol (0,55) dengan kategori sedang. Data penelitian kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung(6,9) > Ttabel (1,9944) menunjukkan hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 5 Padang.
Downloads
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249
Hanson, D. M. (2015). Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. January 2007.
Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Musfiqon, & Nurdiansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (Cet. 1). Nizamia Learning Center.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Ningsyih, S., Junaidi, E., & Waridah, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, XI(1), 55–59.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). No Title.
Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.
Radyuli, P., Sefriani, R., & Nurul, Q. (2019). Pembelajaran Inquiry Menggunakan Google Form Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Case Study of Class X of SMK Negeri 9 Padang). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 56–63. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Rahlia, Putri; Andromeda, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintergrasi Laboratorium Virtual pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI. Entalpi Pendidikan Kimia, 2774–5171.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Edisi 1 Ce). Prenadamedia.
Siswa, B. (n.d.). Entalpi Pendidikan Kimia Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Entalpi Pendidikan Kimia.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Sunyono. (2012). Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (SiMayang) Dalam Membangun Model Mental Pembelajar. Prosiding Seminar Nasional Sains, 486–495.
T. M. Ambarita, P., . S., & A.Sani, R. (2016). the Influence Learning Model Guided Inquiry and Creativity on Higher Cognitive. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 106. https://doi.org/10.22611/jpf.v5i2.4408
Wulandari, A. S. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Yolanda, Selva., Gunawan., & Sutrio. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 341. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.