Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima

  • Rabwan Satriawan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran orangtua dalam pembelajaran penjas pada masa pandemi Covid-19 di kelurahan Kendo Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview) berjumlah 5 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran yang dilakukan orangtua dalam pembelajaran penjas pada masa pandemi Covid-19 yaitu orangtua berperan sebagai fasilitator. Berdasarkan analisis data, dapat di simpulkan dari berbagai jenis peran orangtua dalam kegiatan belajar anak pada pembelajaran dari rumah. Tidak terdapat orangtua yang perannya utuh dalam mendampingi pembelajaran anak dikarenakan kesibukannya dengan pekerjaaan, dan hasil belajar anak meningkat.

Keywords: Peran Orangtua, Pembelajaran Penjas, Covid-19

References

Azizah, N., & Mastoah, I. (2020). Peranan Orangtua dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. PEDAGOGIA, 18(3), 270–281.

Dityandito, P. (2020). Peran Orangtua Dalam Membantu Anak Sekolah Dasar Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Widya Dharma Klaten.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi orangtua dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak di era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87.

Ihwanah, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di sekolah dasar pada era pandemi COVID-19. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 44–51.

Ikbar, F. D., Kurniawan, F., & Sumarno, A. (2021). Peranan orangtua siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) Pendidikan Jasmani kelas I, II, dan III di SDIT Mentari Ilmu Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8779–8783.

Imani, A. T., & Raharjo, H. P. (2021). Minat Dan Aktivitas Gerak Siswa SMP N 2 Kandangan Dalam Pembelajaran Penjas Daring Pada Masa Pandemic Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 465–470.

Irawan, E., Satriawan, R., & Amar, K. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Tapa Gala Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Siswa SDN Sumi 1 Di Masa Pandemi COVID-19. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 77–88. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3545

Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhapad pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63–70.

Lestari, G. D., Roesminingsih, M. V., Widodo, W., & Sari, D. P. (2022). Learning at Home Anak Usia Dini Terdampak Covid 19: Peran Orangtua dalam Pendampingannya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3601–3612.

Merdekawati, R. (2021). Efektivitas pendidikan jasmani terhadap pembelajaran jarak jauh daring di masa pandemi Covid-19 SMK Negeri 2 Demak. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).

Ningsih, U. F., Yunus, A., & Afriansyah, A. (2021). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan orangtua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205–218.

Pramada, R., Burstiando, R., & Putra, R. P. (2020). Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Secara Dalam Jaringan (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Di Mi Surya Utama Al Fajar Desa Kerep. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Salahudin, A. (2011). Filsafat pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Salasa, J. A. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Slb Rajawali Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75–81.

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373.

Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 85–89.

Sidik, N. M., Kurniawan, F., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Passing Stopping Sepakbola Ekstrakurikuler di SMP Islam Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 60–67.

Yunianto, D. (2020). Ketahanan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid 19. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–12.

Published
2021-12-30
Abstract viewed = 103 times
PDF downloaded = 116 times