Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Samsinah Samsinah STKIP Taman Siswa Bima
  • Rosdiana Rosdiana STKIP Taman Siswa Bima
  • Tati Haryati STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMAN 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain adalah Pretest Posttes Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018, berjumlah 6 kelas yaitu X IPA¹, X IPA², X IPA³, X IPS¹, X IPS², dan X IPS³ sebanyak 213 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah X IPS¹ dan kelas kontrol adalah X IPS². Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan Teknik anlisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata post-tes kelompok eksperimen 80,57 sedangkan rata-rata untuk kelompok kontrol 65,90 dan perhitungan dengan ujit diperoleh thitung=27,389 > ttabel = 4,001, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Sejarah

References

Ahmadi, H. Abu & Supriyono, Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggara, Boyi. (2007). Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi Pada Masalah-Masalah sosial kontemporer. Makalah: Universitas Negeri Semarang.
Rosdiana, Djono & Arif Musadad. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajarah Problem Based Learning, Inquiri, dan Konvesional terhadao Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksoerimental Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016). Historika Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah, 20(01), 49.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi ke 2). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Slavin, Robert E. (2010). Cooverative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 237 times
PDF downloaded = 174 times