Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin (11-41 H/632-661 M)

  • Erfinawati Erfinawati STKIP Taman Siswa Bima
  • Zuriatin Zuriatin STKIP Taman Siswa Bima
  • Rosdiana Rosdiana STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji lebih dalam mengenai sejarah pendidikan Islam sebelum masa Khulafaur Rasyidin dan sejarah pendidikan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis melalui studi literatur. Metode yang digunakan dengan menggunakan langkah sebagai berikut. Pertama, heuristik merupakan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengkategorikan dan meneliti sumber-sumber sejarah. Kedua, kritik sumber adalah kegiatan menguji sumber sejarah dengan menggunakan kritik ekstern dan intern Ketiga, interpretasi adalah kegiatan menafsirkan terhadap fakta yang sudah diuji dengan kritik sumber. Keempat, penyajian dengan menyampaikan sintesa yang diperoleh dalam sebuah karya sejarah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Islam pada masa Rasulullah dilaksanakan dalam dua periode, yaitu periode Mekah dan Madinah. Pendidikan periode Mekah dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahapan sembunyi-sembunyi,  tahapan secara terang-terangan dan tahapan seruan umum. Sedangkan pendidikan periode Madinah merupakan kelanjutan pendidikan di Mekah, yaitu pembentukan dan pembinaan masyarakat baru, menuju satu kesatuan sosial dan politik, pendidikan sosial politik dan kewarganegaraan serta pendidikan anak. Setelah meninggalnya Rasulullah SAW, pendidikan Islam dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin. Pendidikan Islam pada masa ini dibagi menjadi empat periode, yaitu: periode Khalifah Abu Bakar as-Siddiq, periode  Khalifah Umar bin Khatab, periode Khalifah Usman bin Affan dan periode Ali bin Abu Thalib.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendidikan Islam Masa, Khulafaur Rasidin

References

Asriya Abuddin Nata.( 2009). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Abdul Kodir.(2015). Sejarah Pendidikan Islam: Dari Masa Rasulullah hingga Reformasi di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad Fuad, Al Ahwani. (1962). Al Falsafah Al Islamiyah. Kairo: Dar al-Qalam. Ahmad Arifin. (1996). Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Armai Arief. (2005). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa.
A. Syalabi. (1994). Sejarah dan Kebudayaan Islam I, Jakarta: Penerbit Pustaka Alhusna.
Asrohan, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azyumardi Azra.(2002). Histografi Islam Kontemporer – Wacana Aktualitas, dan Aktor Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dalimunthe, Fakhrur Rozy. (1986). Sejarah Pendidikan Islam. Medan: Rimbow.
Hasan Ibrahim Hassan. 1979. Tarikhul-Islam, As-Siyasi Ad-Dini As-Saqafi Al- Ijtima‟i. Kairo: Maktabah An-Nahdah Al-Misriyah.
Hitti, Philip K. (1974). History of The Arabs. Britanian: The Macmillan Press.
Ibn Khaldun.( 2000). Muqaddimah. Jakarta: Penerbit Pustaka Firdaus. Jalaluddin As-Suyuti. (1979). Tarikh al-Khulafa. Beirut: Darul Fikr.
Muhammad Husain Haekal. (1994). Hayat Muhammad „Sejarah Hidup Muhammad‟. (diterjemahkan: Ali Auda). Jakarta: PT Tintamas Indonesia.
Nurudin. (2008). Hubungan Media Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persido
Ramayulis.( 2012). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Samsul Nizar. (2009). Sejarah Pendidikan Islam, (Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soekarno, dan Ahmad Supardi. (2001). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. bandung: Penerbit Angkasa.
Yunus, Mahmud. (1986). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Hirdakarya Agung. Zakiah Drajat.(1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Zuhairini.(1995). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.din. (2017). Panduan Penulisan Jurnal STKIP Taman Siswa Bima. Bima: LPPM Taman Siswa Bima.
Azis, A., Yulianti, D., & Handayani, L. (2006). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.15294/jpfi.v4i2.162
Published
2019-06-30
Abstract viewed = 23263 times
PDF downloaded = 40886 times