Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Efektivitas Iklan Situs Jual-Beli Online Bukalapak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut STIAMI Jakarta Kampus Bekasi B)

  • Rani Ramdayani STIE Dharma Agung

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis khususnya pada bisnis jual-beli online dari waktu ke waktu yang semakin ketat, jadi perusahaan haarus memiliki kreasi strategi baru untuk meraih dan mempertaahankan pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah “Pengaruh kualitas pelayanan dan efektivitas iklan televisi terhadap keputusan pembelian pada situs jual bei online Bukalapak di Institut STIAMI Jakarta Kampus Bekasi B. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 86 orang responden pengguna situs jual-beli online Bukalapak di situs jual-beli online Bukalapak pada Institut STIAMI Jakarta Kampus Bekasi B. Hasil analisis mendapatkan bahwa kedua faktor kualitas pelayanan dan efektivitas iklan televisi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapaat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan efektivitas iklan berpengaruh signifikan secara bersamaa-sama dalam keputusan pembelian. Angka Adjusted sebesar 0,23 menunjukan bahwa 23% variasi keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan daalam persamaan regresi. Sedngkan sisanya sebesar 77% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kualitas Pelayanan, Efektifitas Iklan, Keputusan Pembelian

References

Darmadi Durianto, M. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Indah.
Egan, J. (2014). Marketing Communications. Dalam J. Egan, Marketing Communication
Fachruddin, A. (2016). Dalam A. Fachruddin, Manajemen Pertelevisian Modern. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Irawan, H. (2008). Dalam H. I. D, Smarter Mrketing Moves. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Dalam H. Ma'ruf, Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2009). Dalam F. Rangkuti, Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sarosa, P. (2006). Kiat Praktis Membuka Usaha. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan dan Promosi. Dalam T. A. Shimp, Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.
Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy. Dalam M. Suyanto, Marketing Strategy. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Thomas S, K. A. (2015). Manajemen Komplain. Dalam K. A. Thomas S, Manajemen Komplain. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono. (2012). Dasar-dasar pelayanan prima. Dalam Tjiptono, Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT. Gramedia.
Umar, H. (2003). Dalam H. Umar, Business an introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 317 times
PDF downloaded = 299 times