Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Audio Visual Cagar Budaya Bima Untuk Meningkatkan Keasadaran Sejarah SISWA Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Wera

  • Roni Irawan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual Cagar Budaya Bima untuk meningkatkan rasa kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Wera, 2). Mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah dan 3). Mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual cagar budaya Bima dalam meningkatkan kesadaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunnakan tiga tahap yaitu: 1). Tahap studi pendahuluan, 2). Tahap pengembangan media dan 3). Tahap uji efektifitas penggunaan media pembelajaran sejarah yang berbasis audio visual cagar budaya bima untuk meningkatkan rasa kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Wera. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran sejarah adalah: 1 berdasarkan hasil observasi yang diperoleh dilapangan bahwa media yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses kegiatan belajar mengajar yaitu berupa, power point, adio visual dan meniatur-meniatur cafar budaya bima peninggalan sejarah, 2) media pembelajaran sejarah yang berbasis audio visual cagar budaya bima melalui beberapa langkah yaitu: a) menyusun media pembelajaran, b) menyusun materi/ narasi audio visual, c). gambar-gambar cagar budaya bima, d) menyusun vidio yang telah di kumpulkan, e) membuat story board, f) Uji coba projek secara internal dan 3) efektivitas penggunaan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual menunjukan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual lebih baik kalau di bandingkan siswa yang menggunakan media power point. Penggunaan media audio visual cagar budaya bima dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam memahami sejarah lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media, Cagar Budaya, Kesadaran Sejarah

References

Achmad Murib, 2004, Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Azhar Arsyad. 2010 Media Pembalajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung:Citra Aditya Bakti
Hujair, 2009. Media Pembalajaran. Yogyakarta: Safaria Insani Press
Ismaun, 2005. Pengantar belajar sejarah sebagai ilmu dan wahana pendidikan. Bandung Historio Utama Press
Nusa Putra, 2013. Research & Development (Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Oka A Yanti 1985. Budaya Tradisional yang nyaris punah bacaan populer untuk perguruan tinggi. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Trianto, 2010. Modwl pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-06-30
Abstract viewed = 168 times
PDF downloaded = 162 times