Pengembangan Sikap Toleransi dalam Perbedaan Pendapat Melalui Discovery Learning pada Pembelajaran IPS Terhadap Siswa SMP

  • Muhammad Mukhlisin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Ratna Puspitasari IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Khomarudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan sikap toleransi siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Losari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi (observasi di dalam kelas menggunakan model discovery learning). Adapun teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pengembangan sikap toleransi melalui discovery learning siswa SMP Negeri 1 Losari adalah sikap toleransi pada siwa terlihat lebih baik, dengan adanya perubahan sikap setelah diterapkan model discovery learning. Berikut sikap yang ditunjukkan siswa setelah dilakukan pengembangan toleransi yaitu siswa lebih menghormati guru dan siswa lain, siswa selalu menunjukkan sikap kerja sama yang baik, siswa lebih menghargai antar sesama dan suka membantu siswa lain ketika merasa kesulitan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Toleransi, Pembelajaran IPS, Model Discovery Learning

References

Afakri, S. G. (2020). Model Nilai Toleransi Beragama Dalam Proses Pembelajaran di SMAN 8 Kota Batam. Batam: Yayasan Salman Pekanbaru.

Afandi, M., dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Arikuntoro. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak: Religius dan Toleransi. Yogyakarta: Comic Media Nusantara.

Indriantoro & Bambang Soepomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit BFEE UGM.

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. . Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dann Pengembangan Pusat Kurikulum.

Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan untuk Menanamkan Sikap Toleransi di Masyarakat. Jurnal Vijjacariya, 5(1), 57-70.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Jakarta: Nusa Media.

Putra, I. D., & I Made Rustika. (2015). Hubungan Antara Perilaku Menolong Dengan Konsep Diri pada Remaja Akhir yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Jenar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 198-205.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial: integrasi pengetahuanwahyu dan pengetahuan empirik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, Arif; dkk. (2017). Menghargai Perbedaan Pendidikan Toleransi untuk Anak. Jakarta: Friedrich-Ebert-Stiftung Indonesia Office dan PSIK-Indonesia.

Suwaryani, Nanik; dkk. (2018). Stop Perundungan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Windiani & Farida Nurul. (2016). Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Dimendi, 1(2), 141-150.

Published
2022-12-31
Abstract viewed = 493 times
PDF downloaded = 454 times