Pengaruh Pengaruh Implementasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiber Optik

  • Apriyati Rahmi Pateda Pateda Universitas Negeri Gorontalo
  • Arip Mulyanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Sitti Suhada Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

This research aims to determine the influence of augmented reality implementation in improving students learning outcomes in the Fiber Optics material of the Wide Area Network Technology subject. This research empolys an experimental method with a Pre-Experimental Design. This research was conducted at SMK Negeri 1 Suwawa and the research subjects were 29 students from class XI TKJ B. The processed data in this research include the pretest and posttest results of the students. The average score obtained in the pretest, conducted without augmented reality media ware 46.03, while the posttest results for learning using augmented reality media were 67.75. The research results indicate a significant value or sig based on the data analysis using an independent sample t-test on the learning outcomes scores. (2-tailed) of 0.000 was obtained. According to the hypothesis and decision making criteria, if the sig. (2-tailed) value <0.05, then  is accepted, and  is rejected. Conversely, if the sig. (2-tailed) value >0.05, then  is rejected, and  is accepted. Based on the data obtained, it can be concluded that  (there is no significant difference between the learning outcomes of students without implementing media and the learning outcomes of students using augmented reality-based learning media) is rejected, and  (there is a significant difference between the learning outcomes of students without implementing media and the learning outcomes of students using augmented reality-based learning media) is accepted. In conclusion, implementing augmented reality-based learning media influences improving students learning outcomes in the Fiber Optics material at SMK Negeri 1 Suwawa.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fiber optik mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimen-Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Suwawa dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI TKJ B yang berjumlah 29 orang. Data yang diolah dalam penelitian ini berupa hasil belajar pretest dan posttest peserta didik. Nilai rata-rata yang diperoleh pada pretest yakni pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran augmented reality sebesar 46,03 sedangkan hasil belajar posttest pembelajaran menggunakan media pembelajaran aungmented reality sebesar 67,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data menggunakan uji independen sampel t-test pada skor hasil belajar diperoleh signifikan atau sig.(2-tailed) sebesar 0,000, dimana menurut hipotesis dan dasar pengambilan keputusan jika nilai sig.(2-tailed)<0,05 maka  diterima dan  ditolak dan jika nilai sig. (2-tailed) > 0,05, maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa  (tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tanpa menerapkan media dan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis augmented reality) ditolak dan  (ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tanpa menerapkan media dan hasil belajar siswa dengan menerapakan media pembelajaran berbasis augmented reality) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fiber optik di SMK Negeri 1 Suwawa.

Keywords: Augmented Reality, Fiber Optik, Pengaruh

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). Rineka Cipta.

Eka Ardhianto, W. H. dan E. W. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik-Jurnal Teknologi Informatika, 17(2), 107–117.

Fahlevi, F., Erlansyah, D., Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, P., Jenderal Yani No, J. A., & Selatan, S. (2022). Sistem Informasi Kehadiran Siswa menggunakan QR Code Berbasis Android (Studi Kasus SMK Negeri 3 Lubuklinggau). Jurnal JUPITER, 14, 317–327.

Fitriati, I., Fitrianingsih, N., Ahyar, A., Purnamasari, R., Ningsi, F., Irawati, I., & Wahyudin, W. (2023). Workshop Penyusunan Internet Based Test (IBT) Menggunakan Metode Gamification Learning untuk Guru SMK. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92–99.

Fitriati, I., Ilyas, I., & Wahyudin, W. (2023). Perancangan Aplikasi Presensi berbasis QR Code untuk Efisiensi Manajemen Kehadiran Siswa MAN 1 Bima. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2).

Kolopita, C., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal Inverted, 2(1), 1–12.

Lahiya, I. W., Suhada, S., & Takdir, R. (2021). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN ALAT FIBER OPTIK. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 517–523.

Marwahdiyanti, F., Fitriati, I., & Ilyas, I. (2021). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Bima. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 208–214.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Edukasi Elektro, 1(1), 37.

Ridwan, M., Fitriati, I., Ilyas, I., & Wahyudin, W. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem E-Presensi Guru dan Siswa Berbasis Android Sebagai Sarana Digitalisasi Sekolah di SMPN 3 Monta. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 1–8.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif (1st ed.). Kaukaba Dipantara.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyudi, A. K. (2014). ARca, Perancangan Buku Interaktif Augmented Reality pada Pengenalan dan Pembelajaran Candi Prambanan dengan Smartphone Berbasis Android. JNTETI, 3(2), 96–102.

Published
2023-10-14
Section
Articles
Abstract viewed = 65 times
PDF downloaded = 46 times