Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
The background to this research is because the learning media still uses the Power Point application and has never used the Wordwall website learning media at SMAN 2 Woha. Students sometimes don't focus during learning, because the Power Point learning media used still seems monotonous and doesn't attract students' attention in class. Coupled with limited learning time, this causes learning objectives to be incomplete. The aim of the research is to develop the Wordwall website for use in ICT learning and to explain the Wordwall website in improving student learning outcomes in the cognitive and psychomotor domains. This research uses the ADDIE type R & D (Research and Development) research method. Data collection instruments use observation, documentation and questionnaire techniques. The respondents in this study were all students in class XI MIPA 1, totaling 34 students. The small group trial which was attended by 5 students obtained an average score of 3.6 for a percentage score of 90% with very good criteria, and the large group trial which was attended by 22 students out of a total of 34 students in class XI MIPA 1 obtained an average score of an average of 3.6 for a percentage score of 91% with very good criteria. The pretest test results with a completeness score reached 18% with incomplete criteria, while the posttest completeness score reached 71% with complete criteria. Based on the pretest and posttest results, it was seen that there was an increase in student learning outcomes in class XI MIPA 1 using Wordwall learning media.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran masih menggunakan aplikasi Power Point dan belum pernah menggunakan media pembelajaran website Wordwall di SMAN 2 Woha. Siswa terkadang tidak fokus saat pembelajaran berlangsung, karena media pembelajaran Power Point yang digunakan masih terkesan monoton dan kurang menarik perhatian siswa saat di dalam kelas. Ditambah dengan waktu dalam pembelajaran yang terbatas, sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran menjadi tidak tuntas. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan website Wordwall yang digunakan pada pembelajaran TIK dan untuk menjelaskan website Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) jenis ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Responden pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 34 siswa. Uji coba kelompok kecil yang diikuti oleh 5 siswa memperoleh nilai rata-rata 3,6 untuk nilai persentase 90% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelompok besar yang diikuti oleh 22 siswa dari total 34 siswa di kelas XI MIPA 1 memperoleh nilai rata-rata 3,6 untuk nilai persentase 91% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji pretest dengan nilai ketuntasan mencapai 18% dengan kriteria tidak tuntas sedangkan untuk nilai ketuntasan posttest mencapai 71% dengan kriteria tuntas, berdasarkan hasil pretest dan posttest terlihat ada peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 1 dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall.
References
Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).
Anindyajati, Y. R., & Choiri, A. S. (2017). The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research.
Fitrianingsih, N., Hardiansyah, H., Suciyati, S., Fitriati, I., & Afriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis AVS Video Editor pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 85–90.
Fitriati, I., Fitrianingsih, N., Ahyar, A., Purnamasari, R., Ningsi, F., Irawati, I., & Wahyudin, W. (2023). Workshop Penyusunan Internet Based Test (IBT) Menggunakan Metode Gamification Learning untuk Guru SMK. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92–99.
Fitriati, I., & Ghazali, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Lecture Maker pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 9 Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 77–86.
Fitriati, I., Hardiningsih, S., & Sani, K. (2021). Workshop Implementasi Gamifikasi Menggunakan Educandy Dan Quizizz Pada Pembelajaran Masa Covid-19 Bagi Guru Smk Bima. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(6), 5–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4857%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4857/pdf
Ghazali, M., Zohri, M., Ramadhan, W., & Jamaluddin, J. (2022). Pelatihan peningkatan kemampuan komputer, internet dan aplikasi desa. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 324–332.
Hidayad, A., Fitriati, I., Ghazali, M., & Muliansani, M. (2020). Developing Mind Mapping Model With Multimedia Evaluation Based for Research Methodology Module. 465(Access 2019), 170–173. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.043
I. Fitriati, I. I. (2018). Implementasi Computer Based Test English Computer (CBT-EC) Untuk Efesiensi Evaluasi Bahasa Inggris Komputer di STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 204–210. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/370/358
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa man 1 lamongan. Oikos: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi, 6(2), 189–199.
Ridwan, M., Fitriati, I., Ilyas, I., & Wahyudin, W. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem E-Presensi Guru dan Siswa Berbasis Android Sebagai Sarana Digitalisasi Sekolah di SMPN 3 Monta. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 1–8.
Sartika, R. (2017). Implementing word wall strategy in teaching writing descriptive text for junior high school students. Journal of English and Education, 5(2), 179–186.
Suryapermana, N., & Imroatun, I. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Serang: FTK Banten Press.
Syafril, M., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.
Copyright (c) 2023 Inventor: Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.