Perancangan Sistem Informasi Booking Service Bengkel Motor Pata Service Motor Berbasis Aplikasi

  • Rivki Aditiya Maulana Rivki Aditiya M, Mika Ancela, Dwi Vernanda
  • Mika Ancela Politeknik Negeri Subang
  • Dwi Vernanda Politeknik Negeri Subang

Abstract

Pengembangan Sistem informasi Booking Service Motor merupakan hasil perkembangan teknologi sebuah aplikasi yang nantinya diharapkan dapat membantu dan memudahkan pekerjaan manusia. Diharapkan pula sistem ini dapat membatu dalam kegitan sehari hari agar dapat efektif dan efisiensi, Penelitian ini berfokus pada booking service atau pemesanan untuk servis sepeda motor. sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan informasi bengkel bagi masyarakat luas mengingat meningkatnya kebutuhan masyarakat akan perawatan kendaraan khususnya sepeda motor. Dengan adanya program aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar lebih mudah mendapat informasi dan melakukan booking service. Metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan yaitu metode SDLC RAD (Rapid Application Development). Alasan menggunakan metode ini adalah karena metode SDLC RAD bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek. Tahapan yang berada di dalam metode RAD dibagi menjadi 4 tahapan yaitu Perencanaan Kebutuhan, Mendesain Sistem, Proses pengembangan dan Implementasi atau penyelesaian produk. Berdasarkan kebutuhan bengkel motor kebutuhan untuk efisiensi waktu yang cukup fleksibel sehingga dengan sistem ini pemilik bengkel mudah untuk mengatur penjadwalan bisnisnya. Sedangkan hasil akhir dari penilaian sistem informasi booking bengkel 85,87% dinyatakan Sangat Layak untuk di jadikan aplikasi untuk bengkel Pata service motor.

Keywords: Sistem Informasi, Booking Service, Aplikasi, Website

References

Adyaksa, B., Husein, I. G., & Telnoni, P. A. (2021). Aplikasi Servis Motor Di Bengkel Surya Mandiri Motor (modul Penjualan Spare Part). EProceedings of Applied Science, 7(5).

Feri, H. P. (2020). Pengembangan Sistem Informasi booking service Motor Honda Pada PT Pacific Motor II Bekasi.

Ghazali, M., Zohri, M., Ramadhan, W., & Jamaluddin, J. (2022). Pelatihan peningkatan kemampuan komputer, internet dan aplikasi desa. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 324–332.

HABIBUL PRATAMA TANJUNG, P. (2021). APLIKASI PENCATATAN SERVIS KENDARAAN BERBASIS ANDROID (Studi kasus: MULYA MOTOR YAMAHA). Universitas Pasir Pengaraian.

Hikam, D. S. (2021). TA: Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mobil pada Auto 2000 Kenjeran Surabaya Menggunakan Metode Rule-Based System. Universitas Dinamika.

Mackay, H., Carne, C., Beynon-Davies, P., & Tudhope, D. (2000). Reconfiguring the user: Using rapid application development. Social Studies of Science, 30(5), 737–757.

Maulana, R. A., Halim, F. A., & Vernanda, D. (2024). ePasTrad as a Mobile-Based Traditional Market E-Commerce System. Expert Net: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.59923/expertnet.v1i1.117

Mirwan, M. (2021). PERANCANGAN MODEL BOOKING SERVICE UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Studi Kasus Ahass Tiomotor pelaihari, Tanah Laut). Universitas Islam Kalimantan MAB.

Novendra, N. (2017). SISTEM INVENTORY BERBASIS CLIENT SERVER PADA PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE MOTOR (Studi Kasus: Bengkel Asian Lemer Lampung Selatan). Universitas Teknologi Yogyakarta.

Nugroho, I. S. D. (2019). ERANCANGAN SISTEM INFORMASI SERVICE BOOKING ONLINE & MONITORING SPAREPART BARANG BERBASISWEB PADA BENGKEL AHASS PT. WAHANA MAKMUR SEJATI. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Ridwan, M., Fitriati, I., Ilyas, I., & Wahyudin, W. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem E-Presensi Guru dan Siswa Berbasis Android Sebagai Sarana Digitalisasi Sekolah di SMPN 3 Monta. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 1–8.

Saepuloh, A., & Nuryaqin, F. (2020). APLIKASI BENGKEL MOTOR ONLINE BERBASIS MOBILE ANDROID DI KECAMATAN MANONJAYA. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 4(1).

Sopandi, D., & Izzudin A, M. (2024). SiPinjam as an Information System for Lending Goods in the Department of Information Technology and Computers. Expert Net: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.59923/expertnet.v1i1.118

Widhiananda, I., Suyadnya, I. M. A., & Saputra, K. O. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis Web. J. SPEKTRUM, 4(2), 97.

Xaverius, F., Pare, S., Budiasto, J., & Putri, A. M. (2022). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BOOKING SERVICE MOBIL DI TOTAL MOTOR BERBASIS MOBILE. Musamus Journal of Technology & Information, 4(02), 55–63.

YASSIR, M., AGUNAWAN, A., GAFUR, G., RAHMAN, A. B. D., & FITRIATI, I. T. A. (2024). SISTEM INFORMASI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 9(1), 156–165.

Yosen, R. A. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Booking Service Motor Online Pada Bengkel Purnama Cikampek.

Zakaria, H., & Marlia, A. E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 2(2), 66–72.

Published
2024-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 50 times