Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Informatika di SMPN 3 Bukittinggi

  • Musthari Annisa Johni nisa Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • yulifda Elin Yusfita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittingi
  • Eardi Akmal SMPN 3 Bukittinggi

Abstract

This research is based on informatics learning, students learn informatics at school according to class hours. Learning takes place using conventional learning methods, tends to be centered on the teacher so that students become passive, teachers still use the lecture method in explaining the subject matter so that students become bored with learning and do not understand the subject matter, so that participants do not focus on learning and this affects the students' grades. . The research was conducted with the aim of finding out the effect of implementing the inquiry learning model to improve students' understanding in grade 7 informatics subjects at SMPN 3 Bukittinggi. This research is classroom action research (PTK) with the research subjects being grade 7 students of SMPN 3 Bukittinggi with a total of 28 students. Data collection techniques use tests, observation and documentation. The results of the actions taken from cycle I and cycle II show that the application of the inquiry learning model can improve students' understanding in grade 7 informatics subjects at SMPN 3 Bukittinggi. The results of cycle I showed learning completeness of 64%, or 18 students out of 28 students, and cycle II learning completeness of 86% or 24 students out of 28 students. Thus, the findings from cycle I show that the application of the inquiry learning model can increase students' understanding.

ABSTRAK

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran informatika, siswa belajar informatika di sekolah sesuai jam pelajaran. Pembelajaran berlangsung dengan metode pembelajaran masih konvensional, cenderung berpusat pada guru sehingga peserta didik mejadi pasif, guru masih menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi pelajaran sehingga peserta didik menjadi bosan untuk belajar dan tidak memahami materi pelajaran, sehingga peserta tidak fokus belajar dan mempengaruhi nilai peserta didik. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry learning untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran informatika kelas 7 di SMPN 3 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMPN 3 Bukittinggi dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan dan dokumentasi. Hasil dari tindakan yang dilakukan dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran informatika kelas 7 di SMPN 3 Bukittinggi. Hasil dari siklus I menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 64%, atau 18 siswa dari 28 siswa, dan Siklus II ketuntasan belajar sebesar 86% atau 24 siswa dari 28 siswa. Dengan demikian, temuan dari siklus I menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik

Keywords: Inquiry Learning, Pemahaman Peserta Didik, Informatika

References

Alianas, A., Husna, N., Syam, H., & Ratnawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tik Di Tinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Pangkajene. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.592

Anggraini, B. (2017). The Inquiry Training Learning Model Use Mind Mapping and Formal Thingking Ability on Student’s Science Process Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1), 1–7.

Fauzi, A. I. (2018). Peningkatan Sikap dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Teknik Digital Kelas X Elektronika Industri SMK Muda Patria Sleman [Skripsi]. 83–89.

Indra, M., & Bahri, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Modul Digital Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education And Computer Science, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.60076/indotech.v1i1.4

Indriani, I. (2020). COMPARISON OF HIGH LEVEL THINKING SKILLS AND BIOLOGY LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS WHO LEARNED USING PROBLEM-BASED LEARNING MODEL AND DISCOVERY LEARNING MODEL OF GRADE X IPA STUDENTS AT MAN 2 IN BIMA CITY. FASHLUNA, 1(01).

Mariamah, M., Sulfahri, S., Fitriati, I., Fitrianingsih, N., . I., Suciyati, S., Hardiansyah, H., Salahudin, S., Subhan, S., Muhammad, M., Ramli, R., & Ajwar, M. (2024). Ability to Write Scientifically with a Local Base Through the Application of the Drill Method of Mathematics. KnE Social Sciences, 438–448. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.15946

Mariyatie, U., Fatirul, A. N., & Wiyarno, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Model Pembelajaran Inquiry dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 3 Dan MTsN 4 Sidoarjo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1543–1554.

Noviwati, N., Mursalin, M., & Odja, A. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.9193

Nurhoyati, N., Fitriati, I., & Mariamah, M. (2019). Implementation of The 2013 Curriculum in Mathematics Learning in Class IV at SDN Talabiu Districts Woha, Bima Regency. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(02), 147–155.

Rani, H. (2020). Impelementasi Model Pembelajaran Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo. Jurnal Konsepsi, 9(2), 82–90.

Sahabudin, A., Andriani, P., & Ghazali, M. (2024). The Effect of STEM-Based Mathematics Learning on Critical Thinking Ability of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 10(1), 1–9.

Sendia Ulfa, M., Antoni Musril, H., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan Google Sites dan Appsgeyser. Jurnal INTEK, 5(2), 65–71.

Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Ditinjau dari Gender. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 112–122.

Wahyuni, D., Fitrianingsih, N., & Fitriati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 1(3), 31–36. https://doi.org/10.37630/inventor.v1i3.1195

Wati, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(2), 76–82. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3213

Yofamella, D., & Taufik, T. (2023). Penerapan Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iii Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 159. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10426

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Published
2024-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times