Pengembangan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Media Promosi dan Penjualan Online

  • Yuniana Cahyaningrum IKIP PGRI Bojonegoro

Abstract

Effective website development and management can be the key to success in the era of online sales, in this case because e-commerce is increasingly developing rapidly. This research aims to describe how good use of e-commerce websites can increase the effectiveness of promotional media and strengthen online sales. This research will explain design that is easy to use or user friendly, responsive, social media integration, analytical data, and well-planned marketing strategies. This is the key to success in developing an e-commerce website, so that data security and data privacy have an important role in maintaining consumer trust. For business owners, the use of technology and appropriate marketing strategies can provide practical direction in website development to achieve maximum goals. One of the efforts made in building and managing an effective e-commerce website is by increasing product sales. The result of this research is the development of an e-commerce website with increased effectiveness of promotional media and online sales.

ABSTRAK

Pengembangan dan pengelolaan website yang efektif mampu menjadi kunci keberhasilan dalam era penjualan secara online dalam hal ini karena e-commerce yang semakin lama semakin berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana penggunaan website e-commerce yang baik dan dapat meningkatkan efektivitas media promosi, dan memperkuat penjualan online. Pada penelitian ini akan dijelaskan mengenai desain yang mudah dipergunakan atau userfriendly, responsif, integrasi media sosial, data analitik, dan strategi pemasaran yang terencana dengan baik. Hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam pengembangan website e-commerce, sehingga keamanan data dan privasi data memiliki peran penting dalam menjaga kepercayaan konsumen. Bagi pemilik usaha, pemanfaatan teknologi dan strategi pemasaran yang tepat dapat memberikan arahan yang praktis dalam pengembangan website untuk mencapai tujuan maksimal. Salah satu upaya yang dilakukan dalam membangun dan mengelola website e-commerce yang efektif dengan meningkatkan penjualan produk. Hasil dari penelitan ini berupa pengembangan website e-commerce dengan peningkatan dalam efektivitas media promosi dan penjualan online.

Keywords: E-Commerce, Efektivitas Media Promosi, Penjualan Online

References

Agus, K., Putra, S., & Irfan, R. (2020). Pengembangan Website E-Commerce Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Tkj Smk Negeri 2 Yogyakarta the Development of E-Commerce Website As a Media of Promotion and Selling of Entrepreneurship Products for Class Xi Student. E-JPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika) PENGEMBANGAN, 1.

Atmojo, C. T. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Commerce Sebagai Strategi Berwirausaha Pedagang Kaki Lima Di Jombang. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 07, 1–8. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/bisei/article/view/2695%0Ahttp://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/bisei/article/download/2695/1595

Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329

Cahyaningrum, Y. (2023). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Amplifier, 13(2), 62–68. https://stuvia.id/tips-belajar/artificial-intelligence-dalam-pendidikan/

Cahyaningrum, Y., & Hendrawan, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BIG BLUE BUTTON. Jurnal TEKNOSIA, 17(2), 63–68.

Cahyaningrum, Y., Suryono, S., & Warsito, B. (2021). Fuzzy-Expert System for Indicator and Quality Evaluation of Teaching and Learning Processes Online Study Programs. E3S Web of Conferences, 317, 05021. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131705021

Ferdinandus Lidang Witi, Yosep D. Da Yen Khwuta, T. E. D. M. (2023). Perancangan Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Ikat Fanny Art Shop. Jurnal JUPITER, 15(2), 1053–1065.

Fitri, R., Kom, S., & Kom, M. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish.

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021, 307–312.

Fitrisia Munir, Irfan Nursetiawan, Yuniana Cahyaningrum, Hermi Oppier, S. S. (2023). Kebijakan Publik di Era Digital. In CV. Karsa Cendekia. http://www.nber.org/papers/w16019

Hendriyati, P., & Yusta, A. (2021). Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 9(1), 40–48. https://ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/232

I. Fitriati, I. I. (2018). Implementasi Computer Based Test English Computer (CBT-EC) Untuk Efesiensi Evaluasi Bahasa Inggris Komputer di STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 204–210.

Indrajit, R. E. (2012). Lima Langkah Suses E-COMMERCE. 5(C), 1–5.

Jaidan, J. (2020). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.

Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.

Miharja, D. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE PADA INDUSTRI RUMAHAN TOKO MEBEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN. 3(4).

Oktaria, E. T., Yuniarthe, Y., Hairudin, H., & ... (2023). Sarana Publikasi Dan Media Promosi Produk Kreatifitas Siswa Menggunakan E-Commerce Pada Smk Gading Rejo Kabupaten …. Jurnal Pengabdian …, 2, 78–83. https://www.jpu.ubl.ac.id/index.php/jpu/article/view/34%0Ahttps://www.jpu.ubl.ac.id/index.php/jpu/article/download/34/32

Prihadi, D., Mulyana, Y., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Pancasakti, U. (2019). Efektivitas E-Commerce dan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perdagangan Pasar Tradisional. XI(1), 31–40.

Rafsyanjani, G. M., & Fauzi, A. N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEBSITE PADA UMKM ANEKA BATIK. Aplikasi Bisnis, 8(1), E-ISSN: 2407-5523 ISSN: 2407-3741.

Samuel, Y. S., Juliansyach, R. P., & Cinthya, L. (2023). Implementasi Strategi Digital Marketing melalui Social-Media untuk Meningkatkan Kinerja pada UMKM Kole-Koleh Anggraini di Kota Batam. Journal of Management & Business, 6(1), 370–384.

Sarwindah, S., Laurentinus, L., Rizan, O., & Hamidah, H. (2021). Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 65–69. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.338

Widani, N. M., Abiyasa, A. P., Sri Darma, G., & Fredy Maradona, A. (2019). Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 79. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2042

Yadav, A., Subedi, D., Lundeberg, M. A., & Bunting, C. F. (2011). Problem‐based learning: Influence on students’ learning in an electrical engineering course. Journal of Engineering Education, 100(2), 253–280.

Yuniana Cahyaningrum, Yulifda Elin Yuspita, Diana, Asrul Sani, Yudo Devianto, Ragel Trisudarmo, I Kadek Arya Sugianta, Heru Budianto, Noni Rahmawati, Meidar Hadi Avizenna, Novi Aryani Fitri, Darmawan Aditama, Miftahul Jannah, Y. A. E. (2023). Arsitektur dan Organisasi Komputer (M. M. Artika Arsita, S.Kom. (ed.); 1st ed.). PT Penamuda Media.

Yuniana Cahyaningrum, F. R. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DALAM BIDANG KECERDASAN BUATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW IN THE FIELD OF ARTIFICIAL. 2(3), 3–6

Published
2024-02-21
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 13 times