Media Promosi Wisata Labuan Bajo Berbasis Website

  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Salma Wati STKIP Taman Siswa Bima
  • Nurfidari Nurfidari STKIP Taman Siswa Bima
  • Afrizal Afrizal STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Technology has greatly helped Indonesians in many ways, including the tourism sector. When 70% of searchers and sharers use digital devices, travelers' behavior has changed. It is proven that technology can change the way a person travels, from planning and traveling to returning. Technology allows developers and business managers to optimize information delivery processes and increase efficiency in tourism development. More web-based promotional media will make users more efficient and informative and easier to access and manage information. Through the development of information systems, it allows users to access and manage information online, including searching for data on various sources that circulate on the Internet. The first step in establishing the promotional media in this study was to determine the model of the system to be used. Researchers select or select an information system model using the waterfall model. 90% of our website creation results can be used well and can help visitors and tourists who want to visit tourist attractions, including angel island, rangko cave island and Komodo island.

ABSTRAK

Teknologi sangat membantu masyarakat Indonesia dalam banyak hal, termasuk sektor pariwisata. Ketika 70% pencari dan berbagi menggunakan perangkat digital, perilaku wisatawan telah berubah. Terbukti bahwa teknologi dapat mengubah cara seseorang melakukan perjalanan, mulai dari perencanaan dan perjalanan hingga kembali. Teknologi memungkinkan para pengembang dan pengelola bisnis untuk mengoptimalkan proses penyampaian informasi dan meningkatkan efisiensi dalam pengembangan pariwisata. Media promosi berbasis website lebih akan membuat para pengguna lebih efisien dan informatif serta lebih mudah dalam mengakses dan mengelola informasi. Lewat perkembangan sistem informasi memungkinkan para pengguna mengakses dan mengelola informasi secara online, termasuk mencari data di berbagai sumber yang beredar di internet. Langkah pertama dalam membangun media promosi dalam penelitian ini adalah menentukan model sistem yang akan digunakan. Peneliti memilih atau memilih model sistem informasi dengan menggunakan model waterfall. Hasil pembuatan website yang kami buat 90% bisa digunakan dengan baik dan bisa membantu para pengunjung maupun wisatawan yang ingin melakukan kunjungan ke tempat  wisata, termasuk pulau bidadari, pulau goa rangko dan pulau Komodo.

Keywords: Media Promosi, Wisata, Labuan Bajo, Website

References

Adiyanto, Y., & Supriatna, Y. (2018). Analisis strategi promosi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Lebak Banten. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 4(2).

Arthadi, S. F., Fitriati, I., & Ahyar, A. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 1(3), 7–13.

Cahyono, T., Setianingsih, S., & Iskandar, D. (2022). Implementation Of The Waterfall Method In The Design Of A Website-Based Book Lending System. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(3), 723–730.

Fitrianingsih, N., & Fitriati, I. (2024). Design Of An Expert System To Diagnose Diseases In Onion Plants Using The Web-Based Dempster Shafer Method. Engineering: Journal of Mechatronics and Education, 1(1), 28–35.

Fitriati, I., & Ghazali, M. (2019). Analisa dan Perbandingan Pemanfaatan Algoritma Fuzzy-Fordward Chaining dan Algoritma Decision Tree pada Almihjam Expert System untuk Penentuan Titik Bekam Basah. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 388–396.

Gora, V. D., Arta, I. K. J., & Imawati, I. A. P. F. (2023). APLIKASI PENYEDIA JASA TOUR GUIDE “GUIDME” BERBASIS WEB DI SEKTOR PARIWISATA LABUAN BAJO. Jurnal Manajemen Dan Teknologi Informasi, 13(1), 15–21.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Kurnia, A., Firdiansyah, S. P., BayuAji, M., Aziz, A., Sahlan, D., Surowardi, H., Nurcahyono, M. B., Sulaiman, M., Mohammad, P., & Surya, B. (2022). PENGEMBANGAN WISATA SITU CINANGSI BERBASIS WEBSITE: PENGEMBANGAN WISATA SITU CINANGSI BERBASIS WEBSITE. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 1–7.

Mertayasa, D. M., & Yambese, A. R. (2017). Sistem Informasi Pariwisata Pantai Berbasis Web Pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(1), 51–62.

Noya, D. S., Langi, H. S., & Doringin, F. J. (2021). Rancang Bangun Website Sebagai Sarana Promosi Wisata Pulau Lembeh. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 595–599.

Permana, A. A. J., & Wirayani, M. P. (2021). Media Promosi untuk Membantu Promosi Desa Wisata. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 231–236.

Susilo, J., & Kom, S. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Cv. Giat Mandiri. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 6(2).

Utami, B. A., & Kafabih, A. (2021). Sektor pariwisata Indonesia di tengah pandemi COVID 19. JDEP (Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan), 4(1), 8–14.

Yassir, M., Suhada, S., & Fitriati, I. (2023). Web-Based Information Systems for Political Parties and Community Organizations Using Extreme-Programming Methods. Jurnal Teknik, 21(2), 131–141.

Published
2024-02-22
Abstract viewed = 84 times
PDF downloaded = 72 times