Pemanfaatan Sumber Belajar Melalui Internet Dalam Rangka Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK
Abstract
The study aimed at examining (1) the extend of the improvement of students’ learning motivation through the use of internet learning sources on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ); (2) whether the use of learning sources through internet obtain positive response from the students on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ); and (3) the effectiveness of the used of learning sources through internet at SMKN 1 in Bima on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ). The study was a classroom action research which consisted of two cycles that each of the cycle was conducted in three sessions. The results of the study revealed that (1) Students’ learning motivation was improved in utilizing learning sources through internet on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ); (2) the utilization of learning sources through internet on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ) obtained positive response from the students; and (3) based on the result of learning outcomes which was improved on vocational competencies lesson of Computer Network Engineering (TKJ), it was confirmed that the utilization of learning sources through internet was effective to be in grade X of TKJ 2 at SMKN 1 in Bima
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan sumber belajar internet pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ; (2) untuk mengetahui respon positif siswa terhadap pemanfaatan sumber belajar melalui internet pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ; dan (3) untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan sumber belajar melalui internet terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMKN 1 Bima pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa meningkat dalam memanfaatkan sumber belajar melalui internet pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ, (2) Pemanfaatan sumber belajar melalui internet pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ mendapat respon positif dari siswa, dan (3) berdasarkan nilai hasil belajar siswa yang meningkat 90% pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ, maka pemanfaatan sumber belajar melalui internet efektif digunakan di kelas X TKJ 2 SMKN 1 Bima.
References
Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). POTENSI TUMBUHAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia). https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2166
Aslam, A. F. F. (2020). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial.
Baihaqi, M. A., & Basri, H. (2023). FUNGSI SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 3 UJUNGPANGKAH. TAMADDUN. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v24i1.5890
Fitriati, I., Hardiningsih, S., & Sani, K. (2021). WORKSHOP IMPLEMENTASI GAMIFIKASI MENGGUNAKAN EDUCANDY DAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN MASA COVID-19 BAGI GURU SMK BIMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3391–3399.
Lailan, A. (2023). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA ANAK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1058
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.494
Nurfitriani, N., Fitrianingsih, N., & Fitriati, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Di Era Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Palibelo. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 389–393.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan). https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Paradiba, A. S., & Suandi, R. D. (2022). Penggunaan Internet of Thing Melalui Google Suite (Google Meet, Jamboard, Google Dokumen) untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
Sasmita, R. S. (2020). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Setiawan, E. (2023). Analysis Of Distortion For Islamic Terms Used In English Textbooks For Islamic University Students Based On Al-Faruqi’s Concept. Journal Research of Social Science, Economics, and Management. https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i06.162
Sitepu, T. A., & Fitriati, I. (2019). Pengembangan Aplikasi GO PICKME Berbasis Android Studio di Kecamatan Palibelo Bima. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 489–498.
Winarno, W., & Fitriawati, F. (2022). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5953
Wulandari, F. (2020). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Review and Research. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158
Copyright (c) 2024 Inventor: Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.