Perancangan Sistem Informasi Reservasi Online Pada Anfadptr Hotel

Authors

  • AAN FADILLAH PUTRA ahmad UNIVERSITAS PELITA BANGSA

DOI:

https://doi.org/10.37630/inventor.v2i3.1734

Keywords:

Aplikasi, Penginapan, Sistem Informasi, Reservasi Hotel, Website

Abstract

Hotel reservation activities that are carried out manually or do not involve technology make the management process slow and ineffective. This means that hotels will manage reservations through pen and paper, notebooks, telephone calls, face to face, or other physical means that are considered no longer in accordance with the current era. Building an effective and efficient management system is the goal of designing this system to ensure that hotel management will never experience data loss again. Therefore, it is very important to examine the shortcomings of the previous management system (manual). In addition, the author will seek solutions to the shortcomings of the previous management system (manual). The challenge, "How to build a hotel room reservation information system using a website at anfadptr Hotel can be formulated based on the background information provided.

ABSTRAK

Aktifitas reservasi hotel yang dilakukan secara manual atau tidak melibatkan teknologi membuat proses pengelolaan menjadi lambat dan tidak efektif. Ini berarti hotel akan mengelola reservasi melalui pena dan kertas, buku catatan, panggilan telepon, tatap muka, atau dengan cara fisik lainnya dirasa sudah tidak sesuai dengan era saat ini. Membangun sistem manajemen yang efektif dan efisien adalah tujuan dari perancangan sistem ini untuk memastikan bahwa manajemen hotel tidak akan pernah lagi mengalami kehilangan data. Oleh karena itu, sangat penting untuk meneliti kekurangan dari sistem manajemen sebelumnya (manual). Selain itu, penulis akan mencari solusi dari kekurangan sistem manajemen sebelumnya (manual). Tantangan, "Bagaimana membangun sistem informasi reservasi kamar hotel menggunakan website pada anfadptr Hotel dapat dirumuskan berdasarkan latar belakang informasi yang diberikan.

References

Anharudin, A., & Nasser, H. A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 7(1).

Cahyaningrum, Y., & Kom, S. (2024). Pengembangan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Media Promosi dan Penjualan Online. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.37630/inventor.v2i1.1421

Dioputra, S., & Siahaan, K. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Reservasi Gedung Dan Penginapan Pada Kantor LPMP Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 5(3), 440–449. https://doi.org/10.33998/jurnalmanajemensisteminformasi.2020.5.3.914

Maulana, R. A., Ancela, M., & Vernanda, D. (2024). Perancangan Sistem Informasi Booking Service Bengkel Motor Pata Service Motor Berbasis Aplikasi. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 54–60. https://doi.org/10.37630/inventor.v2i2.1331

Nursiwa, M. J., Ramadhan, A., Fitriati, I., & Putri, A. (2024). Website Based Baralau Village Information System Design. Expertnet: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 29–34.

Ramadhan, L. A., YP, E. S. N., & Widiati, I. S. (2023). UI/UX Design in the Hotel Reservation Application Using the Design Thinking Method. Formosa Journal of Computer and Information Science, 2(2), 209–222. https://doi.org/10.55927/fjcis.v2i2.5015

Sopandi, D., & Izzudin A, M. (2024). SiPinjam as an Information System for Lending Goods in the Department of Information Technology and Computers. Expert Net: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.59923/expertnet.v1i1.118

Supartini, S., Asita, N., & Pratiwi, Y. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Bumi Surabaya City Resort. Media Mahardhika, 16(1).

Yassir, M., & Fitriati, I. (2024). Development Of The Lakip Information System Using The Waterfall Method. Jurnal Fokus Elektroda: Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 9(2), 57–62.

Yuriani, W. (2019). Perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel Hasanah Teluk Kuantan. JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK), 2(2), 326–338.

Zulkifli, A., Qashlim, A., & Khairat, U. (2021). Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Website. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(1), 204–209. https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.2204

Downloads

Published

2024-10-31