Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Algoritma Pengurutan Melalui Penerapan Project Based Learning

  • Mutmaina A. Usuli Universitas Negeri Gorontalo
  • Abd Aziz Bouty Universitas Negeri Gorontalo
  • Rochmad Mohammad Thohir Yassin Universitas Negeri Gorontalo
  • Sitti Suhada Universitas Negeri Gorontalo
  • Alfian Zakaria Universitas Negeri Gorontalo
  • Arif Dwinanto Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

The level of students' interest in the concept of sorting algorithms is still low, mostly due to the use of traditional teaching methods by teachers, where students are less engaged in the active learning process. This method is often ineffective in helping students understand the concept of sorting algorithms comprehensively. Therefore, this study aims to rectify this situation by using project-based learning methods, which are expected to enhance students' comprehension. In this study, a pre-experimental study was conducted using a one-group pretest-posttest design to assess the impact of implementing the new method. The study's results demonstrate a significant improvement in students' learning outcomes, as seen by the disparity in scores between the pretest and posttest. On average increase of 14.167 and (Sig.) 0.000, with a value lower than 0.05, these data indicate that the project-based learning method successfully improves students' understanding of sorting algorithms significantly.

ABSTRAK

Tingkat ketertarikan Siswa terhadap konsep algoritma pengurutan masih rendah, yang sebagian besar disebabkan oleh penggunan metode pengajaran yang bersifat konvensional oleh guru, di mana siswa kurang dilibatkan dalam proses belajar aktif. Metode ini sering kali tidak efektif dalam membantu siswa memahami konsep algoritma pengurutan secara menyeluruh. Dengan demikian, adapun tujuannya guna memperbaiki situasi ini dengan menerapkan model pembelajaran project based learning yang mampu memberikan pemahaman lebih kepada siswa. Dilakukannya studi pra-eksperimen dengan desain one group – pretest posttest pada penelitian ini guna menilai dampak penerapan metode baru tersebut. Temuan ini menegaskan adanya peningkatan yang tinggi dalam hasil belajar Siswa, yang terlihat dari perbedaan skor antara pretest dan posttest. Dengan nilai rata-rata peningkatan 14,167 dengan (Sig.) 0,000 yang berada < 0,05, hasil ini mengindikasikan bahwasanya model pembelajaran project based leaerning berhasil meningkatkan pemahaman Siswa tentang algoritma pengurutan secara signifikan.

Keywords: Project Based Learning, Pemahaman Siswa, Algoritma Pengurutan

References

Anggraini, Putri Dewi, and Sri Siti Wulandari. "Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa." Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2021: 294-299.

Aziz, Nur, Gal Pribadi, and Manda Savitrie Nurcahaya. "Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android." Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2020: 1-5.

Danuri, and Siti Maisaroh. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2019.

Faizah, Haizatul, and Rahmat Kamal. "Belajar Dan Pembelajaran." Jurnal Basicedu, 2024: 446 - 476.

Hamzah, Muhammad Zuhdi, and Oriza Candra. "Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Video pada mata pelajaran Isntalasi Motor Listrik." Jurnal Pendidikan Tambusai, 2022: 1124-1129.

Hardiansyah, H., & Suciyati, S. (2024). Pemanfaatan Sumber Belajar Melalui Internet Dalam Rangka Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMK. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 42–53.

Ikhlas, Al. "Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phygoras." Jurnal Inovasi Penelitian, 2020: 1395-1406.

Mardicko, Afri. "Belajar dan Pembelajaran." Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2022: 5482-5492.

Mulyono, Heri, and Evi Erdi Agustin. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Muhammadiyah 1 Padang ." Jurnla Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika (JIPI), 2020: 20-24.

Nuraini, Rosi, Novi Febrianti, Ellfi Baroroh Fatmawati, and Siti Hartini. "Penerapan Model Pembelajaran Daring Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Rejodani." Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 2020: 81-91.

Pandia, Henry. Informatika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2022.

Retnoningsih, Endang. "Algoritma Pengurutan Data (Sorting) Dengan Metode Insertion Sort dan Selection Sort." Information Management For Educators and Professionals, 2018: 95-106.

Sandria, Yoga Ade, M Rizki Akbar Nurhayoto, Laili Ramadhani, Reno Supranto Harefa, and Andrian Syahputra. "Penerapan Algoritma Selection Sort Untuk Melakukan Pengurutan Data dalam Bahasa Pemrograman PHP." Jurnal Ilmu Komputer, 2022: 190-194.

Suyono, and Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya , 2017.

Wahyuni, Sri. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu." Jurnal EduTech, 2019: 84-88.

Zaharah, and Mangudor Silitonga. "Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi." Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 2023: 139-150.

Published
2024-10-02
Section
Articles
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 27 times