Analisis Visual Merchandising pada Market Offline dan Online Informa
Abstract
Penerapan dan pengembangan elemen-elemen unsur visual merchandising menjadi kunci keberhasilan dalam era penjualan secara offline maupun online dikarenakan e-commerce yang semakin berkembang seiring kemajuan teknologi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen unsur visual merchandising pada toko offline dan online (website dan aplikasi) Informa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan analisis konten (content analysis) dengan mencari data dari toko offline, website, dan aplikasi Informa, serta kajian pustaka dari artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan penerapan visual merchandising pada toko offline maupun online, kemudian akan dianalisis dan berorientasi pada pendalaman makna isi sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa analisis hasil dari visual merchandising pada toko offline dan online (website dan aplikasi) Informa beserta dampak signifikan bagi ketertarikan customers dalam membeli produk. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan mengenai keefektivitasan penerapan visual merchandising pada toko yang bisa menarik perhatian customers untuk mengunjungi, melihat, dan membeli produk di toko tersebut.
References
Ali, A., Ramadhani, N. L., Tantra, A. R., Aziz, A., & Widagdo, T. H. (2024). Visual Merchandising Pada UMKM Kedjora Magelang. Natural: Jurnal Pelaksanaan Pengabdian Bergerak Bersama Masyarakat , 2(1), 58–66.
Cahyaningrum, Y. (2024). Pengembangan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Media Promosi dan Penjualan Online. INVENTOR: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 29–35.
Dewi, N. A., Luayyi, S., & Atarie, P. N. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE TERHADAP PERTUMBUHAN LABA DI MASA PANDEMI COVID-19. 52–68.
Fatmawati, N. I., & Zaini, A. (2023). Pengaruh Visual Merchandising Dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada Miniso Mall. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 698.
Fetrianggi, R. (2021). Analisis Online Visual Merchandising Elements pada Toko Online Busana Muslim di Indonesia. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(2), 1–7.
Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 94–103.
Harahap, F. A., Hidayah, A. A., & Firdauzi, I. (2023). Pelatihan Visual Merchandising dan Peningkatan Produktivitas Pada UMKM Paguyuban Pelaku Usaha Banyumas ( PPUB ). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4447–4454.
Ikhwana1, A., & Ritonga2, S. (2021). Strategi Bisnis Terintegrasi Antara Online dan Offline untuk Meningkatkan Pemasaran. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papper, 182–194.
Ismawatie, A., & Viyani, A. O. (2024). PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING YANG DIMEDIASI OLEH POSITIVE EMOTION PADA TOKO JOLIE WIROBRAJAN. 2(1), 328–343.
Maulidiyah, Z. (2024). Pengaruh Visual Merchandising, Price discount dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying. Revenue Manuscript Volume 2 Nomor 1 Januari 2024 E-ISSN 3026-7307 P-ISSN 3031-5301, 2 Nomor 1, 1–9.
Mutiara, & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10–20. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419
Saragih, L. S., Ramadhani, N., Virginia, K., & Martinus, D. (2023). Strategi Penetapan Harga Yang Efektif Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Spaghetti Homemade: Kasus Dana Pasta. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), 402–409. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i6.2398
Siregar, R. G. (2020). STUDI PUSTAKA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN : HARGA, PROMOSI, KEPERCAYAAN, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK PADA TOKO ONLINE GUDANGGROSIR.COM GUDANGGROSIRAN.COM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Siregar, V. F. (2024). Pengaruh Sale Promotion, Visual Merchadising, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Konsumen Mr. Do It Yourself (DIY) Ringroad City Walk.
Sofia, L., Cahyaningrum, Y., & Fauzul Muna, Z. (2023). Tren Inovasi Terbaru dalam Pendidikan dan Pembelajaran : Bagaimana MengubahCara Kita Belajar. Seminar Nasional Fpmipa, 227–239.
Sri Susilawati, P., Hilal, F., Aulia Azzahra, N., & Luthfiah Nurlaeli, S. (2022). Perbandingan Strategi Pemasaran Online Dan Offline di Era Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1080–1083. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1480
Wahyudin, W., Fitriati, I., & Ilyas, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Perakitan Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Teknis dan Kompetensi Siswa SMK. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(3), 937–947. https://doi.org/10.51454/decode.v4i3.797
Yunan, M., & Fitriati, I. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI BUKU MENUJU DIGITALISASI PERPUSTAKAAN STKIP TAMAN SISWA BIMA. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (Jinteks), 6(2), 130–137. https://doi.org/10.51401/jinteks.v6i2.3955
Copyright (c) 2025 Inventor: Jurnal Inovasi dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.