Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi dalam Hasil Poster Siswa Kelas 8 SMP

  • Zahra Salsabila Universitas Sebelas Maret

Abstract

Salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam pembelajaran siswa-siswi adalah kesalahan berbahasa. Hal ini dikarenakan masih terdapat banyak siswa-siswi yang salah penggunaan bahasanya ketika menulis. Tentu hal tersebut akan memengaruhi kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi dan morfologi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil poster siswa-siswi kelas 8 SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji kesalahan berbahasa yang terdapat pada hasil poster peserta didik. Berdasarkan analisis data dalam tataran fonologi ditemukan penghilangan fonem, pengurangan fonem, dan perubahan fonem sedangkan dalam tataran morfologi ditemukan kesalahan penggunaan afiksasi, penulisan kata tidak baku, afiksasi yang tidak luluh, kata majemuk, dan proses reduplikasi. Adapun hasil data menunjukkan setidaknya terdapat 25 kesalahan dalam tataran fonologi. Kesalahan tersebut mencakup 3 aspek yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kemudian dalam tataran morfologi menunjukkan 13 kesalahan penggunaan afiksasi, 3 penulisan kata tidak baku, 2 penulisan afiksasi yang tidak luluh, 3 penulisan kata majemuk, dan 4 penulisan yang termasuk proses reduplikasi.

Keywords: Analisis, Morfologi, Fonologi, Kesalahan

References

Amalia, F. H., Aufa, G. A. I. N., Hastuti, N. P., Farida, V. C., & Ulya, C. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Laman Kompasiana Edisi November 2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 284-291.

Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65-70.

Astuti, S. P. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21-30.

Habibie, W. (2021). Proses Morfologi Kata Main: Afiksasi, Reduplikasi, dan Komposisi. Jurnal Skripsi Mahasiswa.

Khoerunnisa, N., Mulyono, S., & Ulya, C. (2022). Analisis Kesalahan Bahasa Tataran Morfologis dan Semantis pada Teks Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Sidareja. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 49-61.

Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Fonologi pada Kanal Youtube “Mas Bas-Bule Prancis”. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 91-98.

Published
2023-12-30
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 20 times