Analisis Minat Literasi Membaca di Lingkungan Mahasiswa Fisika Angkatan 2023 Universitas Andalas

  • Reifa Amalia Ramadini Universitas Andalas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat literasi dikalangan mahasiswa Unversitas Andalas termasuk dalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, faktor dan solusi apa yang tepat untuk meningkatkan literasi dikalangan mahasiswa Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan google form dengan menyebarkan link melalui whatsapp kepada respoden. Berdasarkan hasil yang didapatkan sebanyak 70,4% menjawab kurangnya minat literasi, 29,6% menjawab minat literasi mahasiswa baik. Faktor yang menghambatnya sebanyak 66, 7% menjawab malas, 25,9% menjawab karena faktor lingkungan, 7,4% menjawab tidak ada waktu. Dari hasil yang diperoleh bisa dikatakan bahwa mahasiswa Universitas Andalas lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Hal ini dilakukan karena membaca buku adalah kegiatan yang sangat membosankan.

Keywords: Minat Literasi, Mahasiswa

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. 2017. Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Adiwibowo, W. D., dan D. S. Prastowo. 2022. Literasi Mahasiswa: Tantangan dan Upaya Peningkatannya. Yogyakarta: Deepublish.

Alim, M., dan I. N. Pujiharti. 2022. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Baca Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 11(1), 1-14.

Aulia Akbar. (2020). View of Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 593-596.

Azimah, Riadul, dan Otang Kurniawan. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). 7(2), 160-171.

Dwi Wahyuni, S.Pd., M.Pd., & M.D. Arief, S.Pd., M.Pd. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Literasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 108-116.

Ilham Wahyudi, S.Pd., M.Pd., & Dwi Wahyuni, S.Pd., M.Pd. (2021). Pengaruh Minat Literasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-7.

Nurul Aini, S.Pd., M.Pd., & Ilham Wahyudi, S.Pd., M.Pd. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Literasi Mahasiswa melalui Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-7.

Rahmawati, S. 2022. Literasi Membaca Mahasiswa: Tantangan dan Upaya Peningkatannya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rina Puspitasari, S.Pd., M.Pd., & Ilham Wahyudi, S.Pd., M.Pd. (2022). Strategi Meningkatkan Minat Literasi Mahasiswa melalui Kegiatan Literasi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-7.

Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., & Ilham Wahyudi, S.Pd., M.Pd. (2022). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Literasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 1-7.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Bumi Aksara.Zakso, A. 2021. Literasi Membaca Mahasiswa: Perspekti f Literasi Kritis. Jurnal Ilmu Budaya.

Published
2023-12-30
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 10 times