Analisis Kesalahan Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Berupa Laporan Praktikum Mikrobiologi Pertanian Mahasiswa Proteksi Tanaman Angkatan 2023 Universitas Andalas

  • Zahara Ramadani Universitas Andalas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah, (2) faktor penyebab kesalahan, dan (3) solusi untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel tulisan karya ilmiah berupa laporan akhir praktikum Mikrobiologi Pertanian mahasiswa semester 1 jurusan Proteksi Tanaman. Teknik purposive sampling digunakan untuk memperoleh data penelitian serta melalui wawancara dan analisis dokumen. Model analisis interaktif digunakan sebagai teknik analisis data, teknik ini meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah 1) terdapat kesalahan kebahasaan yang meliputi 56% aspek kesalahan penulisan cetak miring, 14% aspek kesalahan penggunaan huruf kapital, 26,5% aspek kesalahan penulisan (typo), dan 3,5% aspek kesalahan semantik. 2) faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut yaitu ketidaktelitian mahasiswa dalam mengindahkan kaidah kebahasaan, kurangnya pemahaman siswa dan cara penyampaian materi oleh dosen yang tidak efektif 3) solusi untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut yaitu dengan meningkatkan ketelitian siswa dan dosen menggunakan bahan ajar yang dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.

Keywords: Kesalahan kebahasaan, Karya tulis ilmiah, Laporan praktikum, Mahasiswa

References

Badudu, J. S. (1985). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Dayu, Angga Taufan. Hidayatullah & Raudhatul Haura. (2016). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa S1 Bahasa Inggris di KKIP Universitas Islam Kalimantan MAB. Prosiding Hasil Penelitian. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8080.

Kaharuddin, Nikmala Nemin. (2018). Kendala Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Berupa Skripsi Bagi Mahasiswa. Jurnal Idiomatik, vol. 1, No. 1.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurisma, Laras Eka. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Skripsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. SKRIPSI, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sumatera Utara, Indonesia. http://repository.umsu.ac.id.

Nurhayatin, Inggriyani & Ahmad. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JPSD, Vol.4 No 1.

Siagian, E.N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. Makalah. Diakses dari: http://jurnal.unej.ac.id/index.ph p./fkip-article/download.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Supriani, Reni & Rahmadani. (2016). Penelitian Analisis Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura, Vol 3, no 2.

Syarfi’i, Khoiryn & Nisaa. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 22, No 1. DOI: 10.23917/humaniora.v22i1.8153.

Wahyu & Harisah. (2017). Analisis Kesalahan Kalimat Efektif Ditinjau dari Segi Kehematan dan Kelogisan Pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Bahasantodea, Volume 5 Nomor 3, hlm 13-22.

Published
2023-12-30
Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 34 times