Implikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memerlukan prinsip-prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar.  Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat macam prinsip pembelajaranbahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu prinsip kontekstual, prinsip integratif, prinsip fungsional, dan prinsip apresiatif. Agar tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan baik, maka pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan pendidik mengacu pada wawasan pembelajaran yang dilandasi keempat prinsip tersebut.

Keywords: Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran, Bahasa Indonesia

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Ali, Gani. 2013. “Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik.” Al-Ta’dib 6(1): 31–42.

Bahasa, Pusat. 2008. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama) Edisi Keempat.”

Fraczek, Claire. 2009. “Lentera Indonesia 3 Penerangan Untuk Memahami Masyarakat Dan Budya Indonesia.”

Hudson, Clemente Charles, and Vesta R. Whisler. 2007. “Contextual Teaching and Learning for Practitioners.” IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings 2(4): 228–32.

Khair, Ummul. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1): 81.

Purnomo, Purnomo. 2023. “Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pembelajaran Digital Berbasis Daring.” Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 4(2): 214–22.

Rosyidah, Awal Nur Kholifatur, Husniati, arif Widodo, and Baiq Niswatul Khair. 2022. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah.” Journal of Elementary Education 5(1): 53–58. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979.

Sepriady, Jeki. 2018. “Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Sejarah.” Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah 2(2): 100–110.

Shafa, Shafa. 2014. “Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013.” Dinamika Ilmu 14(32): 81–96.

Sultan, Ah. Rofi’uddin, . Nurhadi, and Endah Tri Priyatni. 2017. “Critical Responses To Texts: Reading Attitudes Of University Students In Indonesian Learning Context.” KnE Social Sciences 1(3): 195.

Suyanto. 2007. “Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planning and Learning.” PenerbitInformatika, Bandung, Indonesia.

Tarmini, Wini, and dan Sulistiawati. 2019. “Sintaksis Bahasa Indonesia.” Uhamka Jakarta 2019 Klausa: 1–138.

Yolanda, Yona. 2018. “Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar.” PAKAR Pendidikan 16(2): 29–39.

Published
2023-12-30
Abstract viewed = 268 times
PDF downloaded = 258 times